Bagi sebagian orang, menyetrika jadi salah satu aktivitas rumah tangga yang melelahkan. Bukan tanpa sebab, proses menyetrika memerlukan perhatian dan konsentrasi cukup tinggi. Kamu bahkan harus memperhatikan setiap bagian pakaian untuk memastikan semua kerutan hilang dan kain tidak rusak.

Menyetrika dengan berdiri dalam waktu lama sambil membungkuk dapat menyebabkan ketegangan pada otot-otot punggung, bahu, dan lengan. Jika tidak dilakukan dengan postur yang benar, menyetrika bisa menyebabkan nyeri dan kelelahan otot. Oleh sebab itu, menyetrika butuh banyak tenaga dan tentunya waktu.

Padahal tahu nggak sih, ada sebuah trik menyetrika supaya baju bisa cepat licin. Menariknya, trik ini tanpa mengeluarkan tenaga lebih, lho. Trik ini pernah dibagikan emak-emak melalui akun Instagram @ratnatjahyo. Dalam salah satu video yang diunggah, dia mengaku mengandalkan satu alat dapur untuk mempermudah proses menyetrika.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @ratnatjahyo pada Rabu (31/7), alat dapur yang dimaksud adalah alumunium foil. Yup! Kertas alumunium foil yang kerap digunakan untuk membungkus makanan, bisa dipakai untuk mempermudah proses menyetrika baju agar lebih hemat waktu dan tenaga.

Instagram/@ratnatjahyo

Untuk cara pakainya lebih lanjut, cukup siapkan selembar kertas alumunium foil. Ukurannya bisa disesuaikan dengan lebar alas setrika, ya. Setelah itu, letakkan di bagian atas alas (kain atau meja) setrika.

Instagram/@ratnatjahyo

Selanjutnya, lapisi alumunium foil dengan dengan kain. Pastikan seluruh bagian alumunium foilnya tertutup rata, ya. Barulah kemudian kamu bisa menyetrika baju seperti biasa.

Dalam video tersebut, pengguna Instagram @ratnatjahyo menyetrika baju berbahan kaus yang memiliki sablon. Dalam sekali gosong, kain tersebut langsung licin dan lurus. Padahal yang disetrika hanya satu sisi saja, namun sisi kaus di baliknya juga ikut licin dan rapi, lho.

Instagram/@ratnatjahyo

Selain lebih praktis, cara ini juga cenderung hemat tenaga. Bukan tanpa sebab, kamu tak perlu membolak-balik baju agar kainnya jadi rapi. Cukup disetrika satu sisi saja, lalu lipat bajunya seperti biasa.

Pada dasarnya, alumunium foil memiliki kemampuan untuk memantulkan panas. Saat kamu menyetrika, panas yang dihasilkan oleh setrika tidak hanya bekerja pada sisi atas kain, tetapi juga dipantulkan kembali oleh aluminium foil ke sisi bawah kain. Ini membuat panas bekerja secara efektif pada kedua sisi kain, sehingga kerutan lebih cepat hilang.

Instagram/@ratnatjahyo

Nggak cuma itu, penggunaan aluminium foil di bawah alas setrika membantu menyebarkan panas secara lebih merata ke seluruh permukaan kain. Hal ini akan tak perlu menyetrika ulang bagian yang sama, karena kerutan dapat dihilangkan dalam sekali jalan. Hasilnya, kamu bisa menyelesaikan proses menyetrika lebih cepat dengan hasil yang lebih baik.