Brilio.net - Nasi telah menjadi makanan pokok yang tak tergantikan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Mulai dari meja makan keluarga hingga kamar anak kos, pasti ada nasi yang tersedia. Pasalnya, nasi bisa mengenyangkan dan bisa menambah energi sehari-hari.

Proses menanak nasi pun sangat mudah, cukup modal rice cooker nasi bisa matang sempurna. Kini, selain rice cooker ada panci listrik juga sedang populer menjadi alat masak darurat khususnya untuk anak kos. Gimana enggak, alat berbentuk kecil ini bisa digunakan untuk menggoreng, menumis, dan sebagainya.

Ternyata, panci listrik juga bisa digunakan untuk menanak nasi, lho. Terutama, buat kamu yang ingin menanak nasi dengan porsi sedikit. Biasanya ketika memasak nasi sedikit, nasi akan lebih cepat mengering dan gosong. Tetapi, kali ini ada cara menarik menanak nasi di panci listrik agar hasilnya tidak kering dan gosong. Trik ini dibagikan oleh akun Instagram @masakdikos lewat unggahan video.

"Salah satu tips yang mau aku share buat temen” yg mau masak nasi di panci listrik supaya ga gampang gosong atau kering kuncinya telaten tapi tenang aja ini ga lama kok masaknya!" tulisnya dikutip BrilioFood dari Instagram/@masakdikos, Jumat (19/7).

foto: Instagram/@masakdikos

Pertama, siapkan beras yang ingin dimasak. Karena tinggal sendiri di kost, kali ini pemilik video hanya memasak nasi untuk 1 porsi, yaitu setengah cup beras.

Walau masaknya sedikit, namun nasi kali ini tidak akan gosong dan hasilnya pas karena menggunakan takaran yang tepat. Ia menyebut takaran beras dan air menggunakan perbandingan 1 : 2.

"Catet ya, takaran beras : air, 1 : 2" lanjutnya.

foto: Instagram/@masakdikos

Karena ia memakai setengah cup beras, jadi pemilik video ini menggunakan satu cup air untuk menanak nasi. Masukkan beras ke dalam panci listrik, disusul dengan tuangkan air ke dalam panci. Lalu, nyalakan panci listrik dan tutup hingga mendidih.

Setelah mendidih, kurangi level panas pada panci listrik. Lalu, buka tutupnya dan aduk hingga rata. Supaya tidak gosong atau lengket.

foto: Instagram/@masakdikos

Jika airnya sudah meresap kedalam beras atau sudah habis, siapkan kukusan panci listrik dan pindahkan nasi yang belum matang itu ke dalam kukusan panci. Kemudian tuang air mentah ke dalam panci secukupnya. Lalu letakkan kukusan di atas panci dan tutup kembali. Kini, tinggal menunggu nasi hingga matang.

"dan tinggal ditunggu deh sampai matang," kata akun Instagram @masakdikos.

foto: Instagram/@masakdikos

Beberapa saat kemudian, cek kembali tekstur nasi, jika masih basah artinya belum matang. Maka, tutup kembali dan tunggu hingga matang sempurna. Nasi yang matang, biasanya memiliki ciri-ciri tidak lengket saat dipegang, tercium aroma khas, dan uap nasi lebih banyak keluar.

Jika sudah muncul tanda-tanda tersebut, matikan panci listrik, dan pindahkan nasi ke dalam piring, dan nasi pun siap disantap bersama lauk sesuai selera. Tri hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit, lho. Mudah kan, mau mencoba?