Cara mengusir nyamuk pakai bahan alami.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @kang_adhe_tea93 pada Rabu (8/5), dua bahan dapur yang dipakai adalah jeruk nipis dan cengkih. Caranya, potong dan belah jeruk nipis jadi dua bagian sama besar.

foto: Instagram/@kang_adhe_tea93

Kalau sudah, jeruk nipis nggak perlu diperas, ya. Melainkan, langsung taruh beberapa buah cengkih di atas potongan jeruk nipis. Jangan lupa, taruh juga lilin di bagian tengah potongan jeruk nipis.

foto: Instagram/@kang_adhe_tea93

Nggak sampai di situ, warganet ini juga memasang potongan tusuk sate ke sekeliling potongan jeruk nipisnya. Setelah itu, bagian atas tusuk sate dipasang ke potongan jeruk nipis satunya.

foto: Instagram/@kang_adhe_tea93

Kalau sudah begini, obat nyamuk alami ini bisa langsung diaplikasikan. Caranya, bakar lilin yang ada di bagian tengah potongan jeruk nipis. Kalau sudah menyala, pindahkan jeruk nipis ke area-area yang sering dilalui nyamuk.

foto: Instagram/@kang_adhe_tea93

Setelah dibakar beberapa saat, nyamuk akan pergi dari rumah dengan sendirinya. Bukan tanpa alasan, di dalam kulit jeruk nipis terdapat minyak atsiri yang tidak disukai nyamuk. Nggak cuma itu, nyamuk juga tidak menyukai aroma cengkih.

Cara satu ini terbilang mudah untuk ditiru di rumah, kan? Nggak cuma ampuh mengusir nyamuk, cara ini juga bisa dipraktikkan saat kamu ingin mengurangi populasi lalat di rumah.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kang Adhe Tea (@kang_adhe_tea93)

 

 

Cara memeras jeruk nipis biar banyak airnya.

Berikut adalah beberapa tips untuk memeras jeruk nipis agar menghasilkan air yang banyak:

1. Pilih jeruk nipis yang matang dan lembut.

Jeruk nipis yang sudah matang cenderung menghasilkan lebih banyak jus daripada yang masih hijau atau keras. Pilih jeruk nipis yang beratnya terasa padat dan memiliki kulit yang sedikit elastis saat ditekan.

2. Panaskan jeruk nipis sebelum memeras.

Panaskan jeruk nipis dengan cara merendamnya dalam air hangat selama beberapa menit atau dengan memicu dengan telapak tangan sebelum memerasnya. Panas akan membantu melunakkan jeruk nipis dan mempermudah untuk memerasnya.

3. Gulingkan jeruk nipis.

Gulungkan jeruk nipis di atas permukaan datar dengan telapak tangan kamu sebelum memerasnya. Hal ini dapat membantu memecah sel-sel dalam buah dan melepaskan lebih banyak jus.

4. Gunakan alat yang sesuai.

Gunakan alat yang efisien untuk memeras jeruk nipis, seperti alat penjepit jeruk, penjepit tangan, atau pemeras jeruk. Pastikan alat tersebut bersih dan kering sebelum digunakan.

5. Gunakan tekanan yang cukup.

Saat memeras jeruk nipis, berikan tekanan yang cukup pada buah untuk melepaskan jusnya, tetapi hindari memberikan tekanan yang terlalu kuat yang dapat merusak alat pemeras atau menyebabkan ampas jeruk tercampur dalam jus.

Dengan mengikuti tips di atas, kamu dapat memaksimalkan ekstraksi jus dari jeruk nipis dan menghasilkan air yang banyak untuk digunakan dalam berbagai resep dan minuman.