Brilio.net - Bawang putih jadi salah satu bumbu yang hampir digunakan di berbagai masakan. Agar semakin enak, sejumlah orang bahkan memakai bawang putih dengan takaran yang banyak.

Saat akan dipakai, bawang putih harus dikupas terlebih dahulu. Mau pakai pisau atau dengan cara manual menggunakan tangan. Mengupas bawang putih tidak bikin mata pedih, berbeda dengan bawang merah.

Namun, aroma khas bawang putih terkadang menempel di tangan dan susah dihilangkan. Meski tangan sudah dicuci berulang kali pakai sabun, aroma bawang putih tetap tercium dengan kuat.

Sebagai solusinya, sejumlah orang sengaja menaburi tangan dengan kopi. Setelah didiamkan beberapa saat, tangan lalu dicuci pakai sabun seperti biasa. Karena bau bawangnya sudah diserap kopi, tangan pun jadi bersih maksimal bebas dari bau.

Tapi kalau nggak mau stok kopi terbuang percuma, kamu bisa meniru cara menghilangkan bau bawang putih di tangan yang ditunjukkan oleh pengguna Instagram @siti_setyowati_. Di unggahan videonya, emak-emak satu ini tampak tidak mengandalkan satu bahan apa pun.

Lantas bagaimana caranya?

foto: Instagram/@siti_setyowati_

Di awal video, ia tampak mengupas sekaligus mengiris-ngiris bawang putih. Usut punya usut, irisan bawang putih ini dipakai sebagai bahan dasar masakannya.

Setelah selesai mengiris, ia pun meyadari kalau jari-jari tangannya jadi bau bawang. Untuk menghilangkan aroma bawang putih, ia langsung mencuci tangan pakai sabun lalu membilasnya.

"Sudah dicuci berkali-kali tetap saja bau bawang," ujarnya, dikutip BrilioFood dari Instagram @siti_setyowati_ pada Senin (15/7).

foto: Instagram/@siti_setyowati_

Sebagai solusinya, meski tak pakai bahan apa pun, ia tetap megandalkan satu alat. Ia mengambil alat dapur yang berbahan stainless steel, yakni panci. Jari tangannya langsung digosok-gosok ke permukaan pantat panci beberapa kali.

"Karena dengan bahan stainless steel akan terjadi perpindahan molekul sehingga baunya hilang," ucap pemilik video.

foto: Instagram/@siti_setyowati_

Setelah digosok beberapa saat, bau bawang putih pun hilang tak tersisa. Kalau sudah, tinggal bilas tangan pakai air mengalir. Mudah bukan caranya?