Gantungan baju dipasang di belakang pintu ataupun di tembok. Alat satu ini bukan hanya bisa dipakai untuk menggantung pakaian, tapi juga tas, sabuk, dan lain sebagainya. Gantungan baju banyak dijual dengan berbagai model, mulai dari yang terbuat dari plastik, kayu, sampai besi.

Tetapi, pria pengguna YouTube FI DIY memilih membuat gantungan baju sendiri alih-alih beli, lho. Ia menjelaskan, gantungan baju yang dibuat sendiri hasilnya nggak kalah kokoh dan kece dibanding produk di pasaran. Di sisi lain, membuat gantungan baju sendiri juga otomatis bikin hemat keuangan.

Pengguna akun YouTube FI DIY mengatakan, alat yang dibutuhkan untuk membuat gantungan baju ini sederhana, salah satunya sering jadi sampah di dapur, lho. Langsung intip trik bikin gantungan baju dari sampah dapur ini, yuk.

 

YouTube/FI DIY

Jadi, sampah dapur yang dimaksud adalah botol plastik bekas. Pemilik akun YouTube FI DIY menggunakan 4 buah botol, kemudian ambil bagian atas atau bibir botolnya saja. Caranya, kamu bisa memotongnya dengan gergaji ataupun pisau yang tajam.

"Potong tepat di bagian gelang segelnya," imbuh pemilik akun YouTube FI DIY, dikutip BrilioFood pada Jumat (9/8).

Di samping itu, siapkan pula sebatang kayu yang bentuknya panjang. Kayu ini nantinya akan jadi alas untuk gantungan baju.

YouTube/FI DIY

Ambil salah satu potongan botol plastik bekas, panaskan salah satu sisinya dengan api sampai teksturnya agak lentur. Saat sudah lentur, baru potong menggunakan gunting.

YouTube/FI DIY

Usai dipotong, salah satu sisi potongan botol plastik tersebut harus diratakan. Cara meratakannya, panaskan salah satu sisi potongan botol plastik dengan api sampai lentur, baru tahan sampai bentuknya tak melengkung lagi.

Nah, salah satu sisinya tetap dibiarkan melengkung karena akan dipakai untuk menggantung baju nantinya. Lakukan hal yang sama ke semua potongan botol plastik yang sudah disiapkan.

YouTube/FI DIY

Langsung pasang potongan botol plastik ke kayu. Kamu bisa merekatkannya dengan paku ataupun sekrup agar potongan botol plastik tak mudah lepas dari kayu. Jika semua potongan botol plastik sudah menempel sempurna pada kayu, artinya gantungan baju sudah siap dipasang ke tembok.

YouTube/FI DIY

Pemilik akun YouTube FI DIY merekatkan gantungan baju buatannya ke tembok dengan paku. Gimana, hasilnya kelihatan kokoh dan tak kalah kece dibanding gantungan baju yang dijual di pasaran, kan?