Brilio.net - Semangka dikenal sebagai buah yang punya banyak kandungan air. Rasanya begitu manis sekaligus menyegarkan, membuat semangka cocok dikonsumsi saat cuaca sedang panas. Apalagi dilansir dari healthline.com, semangka kaya akan antioksidan, vitamin A, C, dan B.

Semangka cukup enak kalau langsung dimakan begitu saja. Tapi kalau bosan, kamu juga bisa mengkreasikan semangka jadi menu minuman yang menggugah selera.

Tapi sebelum dimakan dan diolah, semangka tentu harus dikupas kulitnya sekaligus dipotong terlebih dahulu. Meski terlihat mudah, ternyata memotong semangka harus dilakukan secara hati-hati. Pasalnya, seorang pengguna TikTok @ifayasin56 sempat membagikan pengalamannya saat memotong semangka.

foto: TikTok/@ifayasin56

Beda dari biasanya, tampak bentuk semangka yang dimiliki warganet ini unik. Bukan bundar sempurna, melainkan lonjong.

foto: TikTok/@ifayasin56

Saat pisau menekan bagian kulit semangka, dalamnya justru muncrat keluar dan mengeluarkan suara. Yup, semangka justru meledak sampai pemilik video ini kaget lalu berjalan mundur menjauhinya.

"Sumpah kaget banget ini," ungkapnya dikutip BrilioFood dari TikTok @ifayasin56 pada Sabtu (6/7).

foto: TikTok/@ifayasin56

Setelah memberanikan diri mendekati semangka, warganet ini langsung memotongnya secara perlahan. Mungkin karena dipotong secara perlahan, semangka tidak meledak lagi.

foto: TikTok/@ifayasin56

Karena sudah terbelah jadi dua, terlihat bagian dalam semangka sudah tidak utuh lagi. Ada bagian semangka yang tampak sudah menghilang.

Ternyata kejadian seperti ini juga pernah dialami oleh sebagian warganet lainnya. Hal itu dibuktikan beberapa respons yang ditulis di kolom komentar video tersebut.

"Setau aku biasanya karna ada lubang di semangka itu, jadi kaya bergas gitu, dan rasanya pasti rada asem2, soalnya aku dulu pernah kaya gitu juga," tulis akun TikTok @lenitaayu540.

"Itu di dlam semangkanya ada ruang kosong makannya pas di tusuk anginnya kluar," ujar akun TikTok @Y.

Usut punya usut, hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor. Seperti dikutip dari stasiun televisi China Central Television melalui english.cctv.com, yang menduga semangka meledak disebabkan karena pemakaian bahan kimia berlebih. Kalau pun bukan karena bahan kimia, faktor cuaca dan ukuran semangka juga ikut memengaruhi.