Brilio.net - Agenda piknik dengan teman-teman harusnya menjadi momen yang menyenangkan. Mendatangi tempat yang indah dan melakukan aktivitas bersama akan terasa lebih spesial. Berbagai kegiatan seperti memasak dan makan bersama juga bisa jadi agenda yang asik jika dilakukan saat piknik.

Namun memasak dan makan bersama saat piknik di manapun berada tetap perlu kehati-hatian. Terlebih jika kamu membawa kompor portable untuk memasak. Sebaiknya jangan sampai mengalami kejadian apes seperti sekelompok remaja dalam video TikTok @manusiatantrum_29. Gara-gara kompor gas portable yang dibawa, agenda piknik yang mulanya menyenangkan justru berubah jadi kecelakaan yang tak diinginkan.

Dilansir BrilioFood pada Kamis (24/10), seorang warganet pemilik akun TikTok @manusiatantrum_29 mulanya hendak membagikan momen piknik yang digelar dengan beberapa orang. Awalnya, terdapat seorang perempuan yang berusaha merekam dan baru menyalakan kamera, menghadap sekelompok remaja lain yang tengah memasak. Dalam unggahan tersebut, tampak ada beberapa sajian makanan yang dibuat, seperti mi instan.

foto: TikTok/@manusiatantrum_29

Selang beberapa detik saat video tersebut dimulai, perempuan ini langsung berbalik badan membelakangi kamera. Tak lama setelah itu, terjadi ledakan cukup besar yang mengenai para remaja dan kamera yang merekam kejadian tersebut. Ledakan ini menimbulkan banyak asap dan makanan berhamburan di udara.

Usut punya usut, ledakan tersebut berasal dari kompor gas portable yang digunakan untuk memasak. Piknik yang semula tenang dan asik, jadi berantakan seketika. Kompor gas tersebut terlempar ke udara dan hancur seketika. Hal ini bersamaan dengan beberapa makanan lain yang tumpah begitu saja di atas tikar.

foto: TikTok/@manusiatantrum_29

Kejadian ini sontak membuat orang-orang dalam video tersebut panik. Mereka langsung pergi menghindar dan menjauhi kompor yang telah rusak. Namun asap tebal yang semula muncul, mulai berkurang dan para remaja ini masih menjaga jarak dari karpet tersebut.

Sejak diunggah pada 4 September 2024 lalu, video ini telah ditonton lebih dari 22 juta kali di TikTok. Hingga kini, masih belum diketahui penyebab pasti dari ledakan kompor portable tersebut. Namun kejadian seperti ini bukan pertama kali, tidak sedikit orang yang mengalami hal serupa saat memasak menggunakan kompor tersebut.

foto: TikTok/@manusiatantrum_29

Biasanya, penyebab utama ledakan pada kompor portabel adalah penggunaan yang tidak tepat atau perawatan yang kurang baik. Beberapa faktor yang sering menjadi penyebab antara lain kebocoran gas, penggunaan tabung gas yang tidak sesuai, serta pemasangan komponen yang tidak benar. Selain itu, penyimpanan kompor dan tabung gas juga memegang peranan penting.

Menyimpan kompor dan tabung gas di tempat yang panas atau terkena sinar matahari langsung bisa meningkatkan tekanan dalam tabung dan berisiko menyebabkan ledakan. Pastikan menyimpan kompor dan tabung gas di tempat yang sejuk dan kering, serta jauh dari sumber panas dan api.

Cara mencegah ledakan pada kompor portabel adalah dengan melakukan pemeriksaan rutin terhadap seluruh komponen kompor dan tabung gas. Sebelum digunakan, periksa apakah ada kebocoran pada selang atau regulator dengan menggunakan air sabun; jika muncul gelembung, berarti ada kebocoran. Selain itu, selalu gunakan tabung gas yang sesuai dengan spesifikasi kompor dan hindari penggunaan tabung yang sudah tua atau rusak.

Selain itu, pastikan untuk selalu mengikuti petunjuk penggunaan dan perawatan yang diberikan oleh produsen. Jangan mencoba memperbaiki kompor sendiri jika terjadi kerusakan, tetapi bawa ke teknisi profesional. Dengan melakukan langkah-langkah pencegahan ini, kamu dapat menggunakan kompor portable dengan aman dan mengurangi risiko ledakan yang berbahaya.