Brilio.net - Menanak nasi sudah jadi kebiasaan sebagian besar masyarakat Indonesia. Dahulu menanak nasi dilakukan dengan tungku dan dandang. Namun seiring berkembangnya teknologi, menanak nasi bisa dilakukan dengan alat elektronik bernama rice cooker.

Nah, rice cooker membuat proses menanak nasi jadi lebih praktis dan cepat. Bahkan dalam hitungan menit saja, beras bisa berubah jadi nasi. Hal ini tentu membuat proses memasak jadi lebih singkat dan efisien.

Walaupun begitu, tidak sedikit yang masih menghadapi kendala saat menanak nasi seperti yang dialami pemilik akun TikTok @listianisa__. Anak kos bernama Listianisa ini pernah membagikan pengalamannya saat gagal menanak nasi dalam rice cooker. Momen tersebut dibagikan dalam bentuk kompilasi foto di akun TikTok pribadinya.

Dilansir BrilioFood pada Senin (12/8), mulanya anak kos ini memperlihatkan bagian dalam rice cooker berisi beras yang masih mentah. Usut punya usut, beras tersebut sudah dicampur dengan air sebelumnya. Namun airnya tidak meresap sempurna ke dalam beras padahal beras tersebut sudah dimasak berjam-jam.

foto: TikTok/@listianisa__

Hal tersebut sontak membuat Listianisa heran dan bertanya-tanya. Pasalnya nasi tersebut sudah dimasak dari jam 5 sore sampai jam 10 malam. Namun kondisi beras di dalam rice cooker masih belum berubah menjadi nasi.

"Gimana bar mateng, sampe kelaparan," ujar Listianisa melalui akun TikTok @listianisa__.

foto: TikTok/@listianisa__

Setelah memperlihatkan bagian atas beras yang masih rata, dia kemudian mengaduk-aduk beras yang masih terendam air itu. Setelah ditilik lebih lanjut, ternyata tombol pemanasnya belum dipindah ke mode 'cook' (memasak). Alhasil nasi masih mentah.

Namun di balik hal tersebut, ada masalah lain yang lebih pelik. Listianisa mengaku bahwa rice cooker yang digunakan memang tidak bisa bertahan di mode 'cook'. Jadi, meskipun sudah ditekan ke bawah atau ke mode 'cook', tombolnya akan kembali ke atas di mode 'warm' (menghangatkan). Kondisi seperti ini pernah dialami oleh salah satu warganet.

"magicom nya ky punyaku gk mau ngmasak kcuali diganjel,tp kalo udah mateng kg mau masuk mode hangat sendiri jd ampe gosong.. jd paling manual ditungguin 30menitan," papar TikTok @mhmdirfan_s.

"aa bener banget kak, persis ini," jawab TikTok @listianisa__.

foto: TikTok/@listianisa__

Dalam unggahan tersebut, Listianisa juga tampak memasak ulang beras tersebut. Setelah tombolnya ditekan ke bawah (mode 'cook'), dia menyumbat bagian atas tombol dengan ujung centong nasi. Dengan harapan, nasi bisa matang sempurna dan bisa dikonsumsi.

Sayangnya hasil nasi yang dimasak ulang justru di luar ekspektasi. Karena rice cooker dalam mode memasak terus menerus, alhasil nasi yang dimasak malah jadi gosong. Hal ini terlihat dari salah satu foto yang diunggah. Nasi yang sudah matang justru sangat padat dan hitam di bagian bawahnya.

foto: TikTok/@listianisa__

Kondisi nasi yang dimasak Listianisa ini sontak bikin warganet geleng-geleng kepala. Di antara lebih dari 1 juta penonton, ada banyak pengguna TikTok lain yang kemudian memberikan tanggapan kocak di kolom komentar.

"disuruh nonton tutorial masak nasi, malah nonton tutorial bikin wingko babat," sahut TikTok @dzftezwrya.

"enak kak gausa ke angkringan buat makan nasi bakar," papar TikTok @ariibwoo.

"semangat yh, aku juga pernah seperti itu," tulis akun TikTok @auraa45.

"magicom nya sama punyaku dan penyakitnya juga sama alhasil aku beli lagi kak," komentar akun TikTok @user045589234.