“Ini udah lama sekali nggak dibersihkan, makanya keraknya benar-benar tebal,” ungkapnya dikutip BrilioFood dari YouTube Umi Naifa channel pada Selasa (23/1).

foto: YouTube/Umi Naifa channel

Mengetahui hal itu, ia langsung mengerik kerak tebal di lantai sekaligus dinding dapur pakai pisau. Kumpulkan kerak tersebut lalu buang. Meski sudah dibersihkan pakai pisau, namun penampakan lantai masih tampak kotor kehitaman.

foto: YouTube/Umi Naifa channel

Untuk membersihkannya, ia hanya mengandalkan dua bahan dapur yang murah dan mudah untuk didapatkan. Bahan dapur yang dimaksud adalah sabun cuci piring dan garam. Di luaran sana, sabun cuci piring dibanderol dengan harga Rp1.000 dan garam dijual dengan harga Rp2.500. Namun karena takaran kedua bahan yang dipakai sedikit, sisanya masih bisa digunakan untuk memasak ataupun membersihkan peralatan dapur lainnya.

“Campurin kedua bahan ke dalam air, lalu gosok lantainya pakai cairan ini,” ungkap pemilik video.

foto: YouTube/Umi Naifa channel

Setelah digosok beberapa saat, noda bekas kerak di lantai tampak memudar dengan sendirinya. Kalau dirasa sudah bersih merata, bilas lantai dapur dengan lap yang sudah dibasahi dengan air bersih. Terakhir, usap seluruh permukaannya dengan lap kering. Alhasil, penampakan lantai dapur tampak bersih dan kinclong lagi, kan?

foto: YouTube/Umi Naifa channel

Buat kamu yang selama ini bingung cara membersihkan lantai dapur bagaimana, coba praktikkan cara ini di rumah, ya. Dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada, ternyata lantai dapurmu bisa kembali bersih dan kinclong lagi, ya.