Cara mengubah kipas angin jadi sedingin AC.

Yang harus disiapkan hanya satu jenis sampah dapur, yaitu botol plastik bekas. Kamu bisa menggunakan 2 botol plastik bekas yang bagian pinggiran bawahnya diberi bolongan-bolongan kecil. Bolongan-bolongan pada botol ini berfungsi sebagai ventilasi yang akan mengeluarkan udara dingin.

foto: YouTube/HEDI PONSEL

Usai diberi bolongan-bolongan kecil, baru potong bagian bawah botol untuk memasukkan beberapa butir es batu ke dalamnya. Yup, es batu ini jadi kunci supaya kipas angin bisa sedingin AC nantinya.

Jika sudah diberi es batu, botol tersebut bisa ditempel atau digantung secara terbalik di bagian belakang kipas angin. Saat botol sudah terpasang dengan baik, lantas nyalakan kipas anginnya.

"(Bisa dingin karena) cara kerja kipas kan mengambil udara dari belakang," tegas pemilik akun YouTube HEDI PONSEL, dikutip BrilioFood pada Kamis (2/5).

foto: YouTube/HEDI PONSEL

Gimana, kamu tertarik mencoba trik mengubah kipas angin jadi dingin seperti ini atau punya trik lain? Mengintip unggahan YouTube HEDI PONSEL, selain sudah ditonton 318 ribu kali, tak sedikit warganet memberikan komentar antusias seputar trik ini, lho.

 


Cara membersihkan kipas angin tanpa dibongkar.

Membersihkan kipas angin tanpa membongkarnya bisa dilakukan dengan beberapa langkah sederhana.

1. Matikan kipas angin.

Pastikan kipas angin dalam keadaan mati sebelum kamu mulai membersihkannya. Ini adalah langkah keamanan yang penting.

2. Gunakan kuas atau sikat lembut.

Gunakan kuas atau sikat dengan bulu yang lembut untuk membersihkan bagian luar kipas dan bilah kipas. Gosok perlahan-lahan untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel.

3. Gunakan vakum.

Jika kamu memiliki akses ke vakum dengan alat bantu penyedot debu, gunakan untuk membersihkan bilah kipas dan ventilasi kipas. Pastikan untuk menggunakan alat penyedot debu yang lembut agar tidak merusak bagian-bagian kipas.

4. Lap dengan kain lembut.

Setelah membersihkan dengan kuas atau vakum, lap bagian luar kipas dengan kain yang lembut dan bersih. Ini membantu menghilangkan debu yang tersisa dan memberikan kilauan tambahan.

5. Perhatikan keamanan.

Pastikan untuk tidak membiarkan air masuk ke dalam kipas atau bagian listriknya. Jangan menggunakan cairan pembersih yang berlebihan yang dapat merusak kipas atau menyebabkan bahaya listrik.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa membersihkan kipas angin secara efektif tanpa perlu membongkarnya.