Brilio.net - Tatakan atau yang biasa disebut tungku jadi salah satu komponen penting di kompor. Sesuai namanya, bagian ini berfungsi untuk tatakan peralatan dapur saat proses memasak berlangsung.

Sayangnya, karena terkena api secara terus menerus, tatakan kompor jadi cepat kotor. Seluruh permukaannya akan dipenuhi kerak gosong berwarna hitam pekat.

Karena telanjur mengerak, membersihkan tatakan kompor jadi PR tersendiri. Sejumlah orang pun sengaja merendam sekaligus menggosok tatakan kompor pakai larutan sabun cuci piring. Namun, hasilnya juga nggak maksimal karena tatakan kompor masih tampak berkerak.

Sebagai solusinya, kamu bisa meniru apa yang dilakukan pengguna Instagram @destysundaris. Di unggahan videonya, warganet ini punya racikan pembersih khusus untuk menghilangkan kerak di tatakan kompor.

Trik membersihkan tungku kompor dari kerak gosong.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @destysundaris pada Sabtu (8/6), ada dua bahan dapur yang dipakai untuk mencoba cara ini, yakni baking soda dan cuka. Langkah pertama, taruh tatakan kompor di atas selembar kertas terlebih dahulu. Lalu taburkan baking soda secara merata.

foto: Instagram/@destysundaris

Karena takaran yang dipakai sedikit, kamu bisa membeli baking soda yang ukurannya 25 gram. Di pasaran, bahan dapur satu ini dijual sekitar Rp 3.000-an. Tapi karena dipakai sedikit, bisa ditaksir kamu hanya merogoh kocek Rp 1.500.

Setelah itu, baru tuang cuka ke seluruh permukaan tatakan kompor. Di pasaran, cuka berukuran 135 ml dijual dengan harga Rp 4.000. Tapi karena takaran yang dipakai sedikit, bisa ditaksir kamu hanya mengeluarkan uang sekitar Rp 1.500. Jadi, total yang dikeluarkan untuk membersihkan kerak dari tatakan kompor sebesar Rp 3.000.

foto: Instagram/@destysundaris

Kalau sudah, diamkan tatakan kompor selama 10 menit agar larutan pembersih bekerja secara maksimal. Setelah itu, baru gosok seluruh permukaan tatakan kompor pakai sikat gigi bekas.

Tanpa mengeluarkan tenaga ekstra, kerak di permukaan tatakan kompor langsung terkelupas sendiri. Kemudian sisihkan kerak gosong di tatakan kompor pakai tisu kering.

foto: Instagram/@destysundaris

Kalau sudah, bilas tatakan kompor pakai air mengalir.

foto: Instagram/@destysundaris

Hasilnya, tatakan kompor kembali bersih maksimal bebas dari kerak gosong sedikit pun.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Desty Sundaris (@destysundaris)