Brilio.net - Salah satu masalah yang kerap dihadapi pengguna kompor gas adalah api yang tiba-tiba mati meskipun tabung gas masih penuh. Situasi ini tidak hanya mengganggu proses memasak, tetapi juga bisa menjadi tanda adanya masalah teknis yang perlu segera diatasi. Penyebab dari masalah ini bisa beragam, mulai dari regulator gas yang tidak berfungsi dengan baik, pipa gas yang tersumbat, hingga adanya kebocoran kecil yang mengganggu aliran gas.

Regulator yang tidak berfungsi dengan baik merupakan salah satu penyebab utama api kompor yang mati tiba-tiba. Regulator berfungsi mengatur tekanan gas yang mengalir dari tabung ke kompor. Jika regulator mengalami kerusakan atau tidak dipasang dengan benar, tekanan gas bisa terganggu, menyebabkan api mati meskipun gas masih penuh. Selain itu, kebocoran kecil pada pipa gas juga bisa menyebabkan tekanan gas menurun, sehingga aliran gas ke kompor terputus.

Namun jika regulator dan pipa gas masih dalam kondisi baik, bisa jadi ada masalah lain yang terjadi pada kompor tersebut. Pasalnya, banyak orang mengalami masalah ini, salah satunya seperti pengguna Instagram @ide_kreatif_chan. Melalui salah satu video yang diunggah, dia beberapa kali hendak menyalakan kompor. Namun api tak kunjung keluar.

Untuk mengatasi hal tersebut, pengguna Instagram @ide_kreatif_chan justru mengandalkan satu alat sederhana. Dilansir BrilioFood pada Kamis (24/10), alat sederhana yang dimaksud adalah jarum. Nah, jarum ini akan digunakan untuk mengatasi sumbatan pada lubang saluran gas di kompor.

foto: Instagram/@ide_kreatif_chan

Cara pakainya cukup mudah. Pertama-tama, bongkar dulu tungku kompor, burner, dan tatakan burner-nya. Lalu balik kompor. Di bagian ujung dekat knop kompor gas terdapat lubang kecil. Nah, lubang ini yang menyalurkan gas dari tabung ke kompor. Jika lubang tersebut kotor dan tersumbat, maka aliran gas juga ikut terhambat, sehingga membuat api kompor tidak menyala.

foto: Instagram/@ide_kreatif_chan

Untuk membersihkan lubang tersebut, cukup tekan-tekan menggunakan jarum. Tekan beberapa kali untuk mengeluarkan kotoran atau benda lain yang menyumbat. Setelah dibersihkan, barulah kemudian pasang lagi komponen kompor lain yang sudah dibongkar tadi.

foto: Instagram/@ide_kreatif_chan

Sesaat setelah dipasang, pengguna Instagram @ide_kreatif_chan menyalakan lagi kompornya. Benar saja, api kompor langsung menyala dengan sempurna. Dengan modal Rp 0 saja, kamu bisa membuat kompor menyala lagi dengan normal.

Video tentang trik mengatasi api kompor tidak menyala ini telah ditonton lebih dari 155 ribu kali. Siapa sangka, banyak pengguna Instagram lain yang turut memberikan tanggapan langsung di kolom komentar. Sebagian besar mereka mengungkapkan terima kasih karena mendapat ilmu baru yang bermanfaat.

"Mksih infonya, sangat membantu," sahut Instagram @lailatulbustami.

"Mantap ilmunya boleh kita praktekan," tulis akun Instagram @sukiyah90.

"Terimakasih infonya," kata Instagram @saripaturosidah.