Acara pisah sambut antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto di Istana Kepresidenan pada Minggu, 20 Oktober 2024, disiapkan dengan menu makan siang yang menggugah selera. Menu utama yang disajikan adalah lontong kikil, dimsum, dan berbagai jajanan pasar yang pasti akan memanjakan lidah para tamu.

"Hari ini ada lontong kikil, dimsum, dan snack jajanan pasar," ungkap Algamar, Direktur Operation Food & Beverage Indonesia Convention Exhibition (ICE), saat memberikan informasi di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Ia menambahkan bahwa semua persiapan untuk acara pisah sambut ini sudah siap dan berjalan lancar. "Kita sudah all prepare semua, sudah ready," tegasnya.

Algamar menjelaskan bahwa setiap ruangan akan dijaga oleh dua juru masak dan sejumlah pelayan yang siap melayani. Jamuan akan disediakan di dua lokasi terpisah, yaitu ruang presiden lounge dan kantor presiden. "Di sana ada dua masing-masing ruangan. Waiters standby ada 6," tambahnya.

Agenda pisah sambut ini direncanakan berlangsung pada pukul 14.00 WIB. Selain itu, malam harinya akan ada acara gala dinner yang diadakan oleh Presiden Prabowo Subianto. "Kalau gala dinner nanti timnya ada lagi," ucap Algamar.

Jokowi akan menyambut kedatangan Presiden Terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto, di Istana Merdeka Jakarta, setelah resmi dilantik pada siang hari yang sama. Di saat bersamaan, Prabowo akan melepas Jokowi, Presiden ke-7 RI, yang akan kembali ke Solo, Jawa Tengah.

Acara pisah sambut ini dilaksanakan setelah Prabowo dan Gibran Rakabuming dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI di Gedung DPR/MPR pada pagi hari. Sejumlah persiapan telah dilakukan, termasuk menyiapkan tiga videotron di titik-titik strategis di sekitar Jalan Merdeka Utara, Istana Merdeka, yang akan menayangkan acara pisah sambut tersebut.

Karpet merah besar juga telah digelar di depan tangga Istana, sementara dua tenda telah dipasang di sisi kanan dan kiri depan Istana Merdeka untuk para tamu undangan. Karangan bunga ucapan selamat untuk Prabowo-Gibran juga menghiasi kawasan Istana Kepresidenan Jakarta.

Setelah lengser, Jokowi bersama Ibu Negara Iriana akan pulang ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah. Jokowi menyatakan bahwa ia tidak akan menggelar acara khusus untuk kepulangannya. "Ya pulang aja, pulang naik pesawat turun, kemudian ke rumah, udah," jelas Jokowi.

Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (ProJo), Budi Arie Setiadi, mengonfirmasi bahwa Jokowi akan terbang menggunakan pesawat komersial dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta Timur, dengan penerbangan dijadwalkan pukul 15.00 WIB. "Betul. Naik pesawat komersial dari Halim. Tanggal 20 Oktober jam 15.00," kata Budi Arie.

Jokowi kemungkinan besar akan menggunakan pesawat komersial Citilink untuk pulang ke Solo. Sementara itu, Garuda Indonesia tidak memiliki rute Halim-Adi Soemarmo. "Kalau enggak salah (pesawat) Citilink atau Garuda," ucap Budi Arie.

Seperti yang kita ketahui, Presiden Joko Widodo mulai menjabat pada 20 Oktober 2014 dan terpilih kembali dalam Pilpres 2019. Masa jabatannya akan berakhir pada 20 Oktober 2024, dan Prabowo Subianto serta Gibran Rakabuming Raka akan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden periode 2024-2029 pada hari yang sama.