Brilio.net - Merebus jagung memang tampak mudah. Kamu bisa langsung memasukkan jagung mentah ke dalam air mendidih. Namun bagi beberapa orang, merebus jagung terkadang jadi tantangan tersendiri. Bukan tanpa sebab, butuh waktu cukup lama untuk mencapai tingkat kematangan sempurna.

Salah satu penyebab lamanya waktu yang dibutuhkan untuk merebus jagung adalah ketebalan dan kekerasan biji jagung itu sendiri. Jagung yang segar biasanya lebih cepat matang dibandingkan yang sudah lama disimpan. Selain itu, ukuran jagung juga memengaruhi waktu perebusan, jagung berukuran besar dan tebal memerlukan waktu lebih lama untuk matang secara merata.

Untuk mempercepat proses perebusan, ada beberapa trik yang bisa diterapkan. Salah satu caranya pernah dibagikan oleh pengguna Instagram @ummubalqishaura. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku bisa merebus jagung hingga lembut dalam waktu 10 menit saja.

foto: Instagram/@ummubalqishaura

Dilansir BrilioFood dari Instagram @ummubalqishaura pada Rabu (25/9), ada sejumlah tahap yang perlu dilakukan. Pertama-tama, rendam jagung di dalam mangkuk berisi air. Tak perlu terlalu lama, cukup rendam 3-5 menit saja agar jadi lebih basah.

foto: Instagram/@ummubalqishaura

Selanjutnya, tuang 50 ml air dan 1 sdt garam ke dalam panci atau wajan. Setelah itu, aduk-aduk sampai rata. Jadi, air yang digunakan memang tidak perlu terlalu banyak, ya. Cukup sampai bagian bawah jagung basah dan sedikit terendam saja.

Jika sudah, barulah letakkan dua buah jagung di dalam wajan atau pancinya. Lalu bolak-balik jagung hingga seluruh bagiannya terkena air garam. Setelah itu, tutup panci dan masak jagung selama 3 menit.

foto: Instagram/@ummubalqishaura

Jika sudah 3 menit, buka tutup pancinya. Lalu bolak-balik jagung selama 2 menit. Setelah itu, tutup kembali dan masak hingga 2 menit. Terakhir, buka tutup panci, lalu masak sampai airnya menyusut selama kurang lebih 3 menit.

foto: Instagram/@ummubalqishaura

Nah, jagung yang sudah direbus ini bisa langsung ditiriskan. Tekstur jagungnya benar-benar empuk karena matang sempurna meski hanya direbus dalam waktu 10 menit saja. Selain itu, warna jagung juga jadi lebih segar, cantik, dan tentunya hemat gas.