Brilio.net - Menggoreng ikan lele hingga renyah memang memerlukan teknik yang tepat, terutama jika menggunakan tepung sebagai pelapis. Ikan lele yang digoreng dengan tepung akan memiliki tekstur luar yang garing, sehingga menambah kelezatan saat disantap. Namun, penggunaan tepung juga membawa tantangan tersendiri. Tepung dapat membuat bumbu tidak meresap sempurna dan bisa memengaruhi rasa ikan lele.

Tepung yang digunakan sebagai pelapis sering kali mengubah rasa asli ikan lele. Tepung dapat menyerap sebagian bumbu, sehingga rasa ikan lele tidak sekuat jika digoreng tanpa tepung. Selain itu, tepung yang tebal atau tidak merata bisa menghalangi bumbu marinasi atau rempah-rempah untuk meresap ke dalam daging ikan. Akibatnya, meskipun ikan lele tampak menggoda dengan lapisan tepung yang renyah, rasanya bisa menjadi hambar atau kurang beraroma.

Untuk mengatasi tantangan ini, kamu bisa meniru trik yang dibagikan oleh pengguna Instagram @dilabibaah. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku bisa menggoreng ikan lele ikan garing meskipun tanpa tepung. Usut punya usut, ada satu bahan dapur yang diandalkan untuk menggoreng ikan lele.

foto: Instagram/@dilabibaah

Dilansir BrilioFood dari Instagram @dilabibaah pada Kamis (17/10), bahan dapur yang dimaksud adalah cuka. Jadi, lele yang sudah dibersihkan isi perutnya perlu direndam dalam air cuka untuk menghilangkan sisa lendir. Dengan begitu, lele akan lebih kesat dan jadi garing saat digoreng.

Di sisi lain, cuka memiliki sifat asam yang dapat membantu mengurangi kelembapan berlebih pada ikan lele. Ketika ikan lele direndam dalam larutan cuka, cairan berlebih pada permukaan ikan akan terserap atau terurai. Hal ini mengurangi kandungan air pada permukaan ikan, sehingga saat digoreng, minyak tidak bercampur dengan air yang bisa menyebabkan penggorengan menjadi tidak merata dan kurang renyah. Dengan berkurangnya kelembapan, ikan akan lebih cepat kering dan garing saat digoreng.

foto: Instagram/@dilabibaah

Setelah direndam dengan cuka, bilas lele sampai lendirnya benar-benar hilang dan kesat. Barulah kemudian kerat-kerat ikan lele dan beri bumbu marinasi. Diamkan selama 15-20 menit supaya semua bumbunya meresap sempurna ke bagian dalam daging ikan lele.

foto: Instagram/@dilabibaah

Jika sudah, panaskan minyak banyak dalam wajan. Barulah masukkan ikan lele ke dalam wajan dan goreng sampai garing. Gunakan api sedang agar bagian dalam ikan lele juga matang sempurna. Nah, setelah garing, angkat dan tiriskan. Ikan lele yang sudah matang ini siap dikonsumsi sebagai lauk.