Brilio.net - Sate identik dengan proses pembuatannya yang dibakar di atas arang. Bisanya sejumlah orang akan menggunakan grill atau tungku yang terbuat stainless. Nah, alat ini lantas menampung arang sekaligus sate yang akan dibakar.

Kini, alat-alat bakaran seperti itu bisa dijual bebas di pasaran. Walaupun begitu, ada juga yang memilih membuat alat bakar sendiri seperti yang dilakukan bapak-bapak di akun Instagram @rafrafika. Bukan dengan stainless atau grill pan, bapak-bapak tersebut justru memanfaatkan barang bekas, yakni toples wafer untuk membakar sate.

Sekilas, aksinya memang tampak nyeleneh dan nggak biasa. Namun siapa sangka, hasil daging yang dibakar bisa matang sempurna dan lezat. Selain itu, bumbu satenya juga tampak meresap sempurna, persis seperti sate yang dibakar dengan alat bakaran khusus.

Jika ditilik lebih lanjut, sate yang dibakar diletakkan di atas permukaan toples bulat. Lantas di bagian bawahnya terdapat arang yang terus menyala dan berfungsi membakar daging sampai matang. Sembari dibakar seperti ini, bapak-bapak tersebut turut mengoleskan bumbu sate ke permukaan daging.

foto: Instagram/@rafrafika

Nah, daging yang dibakar ini bisa berubah warna dan tampak matang sempurna sekalipun potongan satenya cukup besar. Bahkan tampilannya pun menggugah selera. Dalam video yang sama, bapak-bapak tersebut tampak dengan lahap langsung menyantap sate yang baru dibakar.

Cara membuat alat bakaran sate sendiri pakai alat dan bahan seadanya.

Usut punya usut, alat bakar yang digunakan ini dirakit oleh tangannya sendiri, lho. Cara kerjanya juga cenderung praktis karena penggunanya tak perlu mengipas sate secara manual untuk menjaga arang tetap menyala. Dilansir BrilioFood pada Jumat (14/6), dia memanfaatkan pompa angin listrik untuk menjaga angin tetap stabil.

foto: Instagram/@rafrafika

Melalui salah satu video yang diunggah, dia juga turut memperlihatkan tutorial membuat alat bakar dari kaleng wafer tersebut. Jadi ujung selang pompa angin listrik ini dimasukkan ke bagian dasar toples yang sudah dilubangi. Nah, di bagian dasar tersebut sudah diberi kawat atau pengait untuk penyanggah tatakan berbentuk saringan yang berfungsi menampung arangnya. Tatakan tersebut dibuat dari tutup toples yang sudah dilubangi dan dibuang sisi sampingnya, sehingga bisa muat di dalam toples.

foto: Instagram/@rafrafika

Di sisi lain, cara kerja barang ini pun sama seperti alat bakar pada umumnya. Jadi, angin yang dihasilkan dari pompa akan mengisi ruang kosong di bagian bawah toples. Lalu angin tersebut akan naik dan membuat arang terus terbakar. Lantas uap panas yang dari pembakaran arang bisa perlahan membuat daging sate jadi matang. Oleh sebab itu, dengan alat ini, proses bakar sate jadi lebih cepat dan hemat tenaga, lho.

foto: Instagram/@rafrafika

Sejak diunggah pada 19 Mei lalu, video milik bapak-bapak ini telah ditonton lebih dari 1 juta kali di Instagram. Siapa sangka, banyak warganet yang tertarik untuk meniru aksi serupa saat hendak membakar sate. Di sisi lain, ada juga yang mengaku sudah menerapkan hal serupa saat memasak makanan lain.

"Mksih pak berkat bpak aku jadi punya ide buat bakar sate saat idul adha nanti atau hari2 tertentu klo lg pengen sate," ujar Instagram @fredichadwi.

"Bapakku jualan siomay pake kompor kek gini buatan sendiri panjang umur sehat selalu bapak," sahut Instagram @nsr_handmade.

"Wah cocok anak kos kebagian daging qurban," tulis akun Instagram @hamstemalangselatan.

"Boleh la di coba," komentar akun Instagram @supia_15.

"Boleh juga, simpen dulu buat nanti bakaran pas idul adha," kata Instagram @nia_wahid92.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Rafika erning (@rafrafika)