Noda keringat dan minyak di wajah adalah masalah umum yang kerap dialami oleh para pengguna jilbab. Setiap hari, saat beraktivitas, keringat dan minyak alami dari kulit di area sekitar wajah atau leher dapat berpindah ke jilbab. Noda ini tidak hanya mengganggu penampilan, tetapi juga dapat menimbulkan bau yang kurang sedap.

Masalahnya, noda keringat dan minyak pada jilbab cenderung sulit dihilangkan ketika sudah dibiarkan terlalu lama dan mengering. Serat kain jilbab yang menyerap minyak membuat noda tersebut lebih sulit dibersihkan dengan cara biasa, seperti mencuci dengan deterjen. Akibatnya, noda ini seringkali meninggalkan bekas yang mengganggu dan membuat jilbab terlihat kusam.

Untuk mengatasi masalah ini, penting untuk segera membersihkan noda sebelum meresap terlalu dalam ke serat kain. Tapi karena detergen saja tidak cukup, sejumlah orang lantas menggunakan trik lain yang lebih ampuh dalam menghilangkan noda tersebut. Seorang pengguna Instagram @mikapratisha, pernah membagikan trik bersihkan noda minyak dan keringat di jilbab tanpa menimbulkan bekas.

Usut punya usut, pengguna Instagram ini mengaku hanya mengandalkan satu bahan kue. Dilansir BrilioFood dari Instagram @mikapratisha pada Kamis (5/9), bahan kue yang dimaksud adalah baking soda atau soda kue. Jadi, baking soda ini memiliki sifat yang dapat menyerap noda minyak di serat kain.

 

© Instagram/@mikapratisha

Cara pakainya, cukup taburkan baking soda ke area jilbab yang terkena noda minyak. Setelah itu, tepuk-tepuk dan tekan secara merata hingga tekstur baking soda berubah jadi padat. Nah, di tahap ini, baking soda biasanya akan menyerap sisa noda minyak dari serat kain, sehingga teksturnya pun berubah.

© Instagram/@mikapratisha

Jika dirasa sudah padat, ambil baking soda tersebut menggunakan sendok, lalu buang. Selanjutnya, rendam jilbab dalam air panas yang sudah diberi sabun cuci piring atau detergen cair. Hal ini bertujuan untuk meluruhkan sisa noda minyak dan baking soda yang masih menempel di jilbab.

© Instagram/@mikapratisha

Supaya jilbab tidak luntur dan rusak, cukup rendam sampai airnya dingin saja. Barulah kemudian kucek-kucek dan cuci seperti biasa. Terakhir, jemur jilbab sampai benar-benar kering. Dengan begitu, jilbab akan tampak lebih bersih karena tidak ada noda minyak yang membekas lagi.

Sejak diunggah pada 24 Juli lalu, video tentang trik cuci jilbab ini telah ditonton lebih dari 36 ribu kali. Nggak heran jika kemudian ada banyak pengguna Instagram lain yang tertarik dan turut memberikan tanggapan langsung di kolom komentar. Sebagian besar warganet ini mengaku baru tahu trik tersebut dan hendak mempraktikkannya langsung.