Brilio.net - Di antara berbagai jenis gorengan, cireng termasuk salah satu jajanan yang banyak diburu. Teksturnya kenyal dan rasanya yang gurih, membuat cireng digemari banyak kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Ada banyak varian ini cireng yang juga membuat makanan ini semakin menggugah selera.

Jajanan khas Sunda ini sudah banyak tersebar di sejumlah daerah. Bahkan kini, tidak sedikit pedagang kaki lima yang menjadikan cireng sebagai ide jualan, hasilnya pun banyak yang laris manis.

Cireng pun mudah dibuat, menggunakan bahan-bahan sederhana, cocok untuk camilan ringan di berbagai kesempatan.

Namun rupanya, ada beberapa orang yang justru tidak familiar dengan jajanan satu ini, lho. Seorang wanita pemilik akun TikTok @princessmarisya adalah salah satunya. Belum lama ini, video yang diunggah konten kreator tersebut viral di TikTok usai dirinya mencicipi cireng di pinggir jalan.

Lebih tepatnya, pada 13 September lalu, wanita akrab disapa Princess Marisya ini memperlihatkan dirinya yang sedang mengendarai mobil dan melihat pedagang cireng di pinggir jalan. Dengan sangat antusias, wanita tersebut langsung menuju pedagang cireng yang dia lihat.

"Aku sudah nggak sabar makan cireng," kata pengguna TikTok @princessmarisya, dikutip BrilioFood pada Kamis (26/9).

foto: TikTok/@princessmarisya

Setelah sampai di depan gerobak pedagang cireng, Marisya langsung memesan cireng dengan kuah tidak pedas. Namun, sang pedagang menegaskan bahwa tidak ada kuah pada cireng yang dijual, karena dia menjual cireng isi. Pada akhirnya, wanita tersebut memesan tiga cireng isi kornet dan satu cireng isi keju.

foto: TikTok/@princessmarisya

Usut punya usut, momen tersebut merupakan kali pertama Marisya mencoba cireng. Alih-alih gorengan, dia mulanya berekspektasi bahwa cireng itu seperti dimsum yang disajikan dengan kuah. Dengan ekspresi agak kecewa, dia mengaku tetap ingin mencoba cireng yang sudah dibeli di pinggir jalan.

"Ternyata ekspektasiku tentang cireng salah. Aku pikir cireng itu dimsum yang dikuahin. Ternyata cireng itu gorengan. Coba ya kita review. Gimana ini, aku sudah ngebayangin ada kuah. Terus kuahnya aku nggak mau pedas. Aku mau pake lemon kuahnya, jadi biar segar gitu, jeruk-jerukan gitu," ujarnya.

foto: TikTok/@princessmarisya

Setelah mencicipi kornet tersebut, dia mengaku bahwa cireng mirip seperti kerupuk yang agak lembek. Rasanya pun kurang cocok di lidahnya karena benar-benar tidak sesuai ekspektasi 'cireng' yang dibayangkan sebelumnya.

"Aku syok dengan rasa cireng, ternyata biasa aja. Cuma dia teksturnya itu setengah kerupuk, setengah gorengan. Sisinya itu ada garing-garingnya, tapi tengahanya kayak kenyal. Aku nggak bisa ngabisin ini, sih," kata Marisya.

foto: TikTok/@princessmarisya

Reaksi Marisya mencicipi cireng pertama kali ini sontak menuai perhatian. Di antara lebih dari 8 juta penonton, ada banyak pengguna TikTok lain yang mengaku geregetan dengan review wanita tersebut. Bagaimana tidak, cireng pada dasarnya memang merupakan jajanan yang digoreng atau gorengan.

"NAMANYA JUGA CIRENG KAKK "ACI DIGORENG" APALAHHH," papar TikTok @rummmst.

"terus Kanjeng ratu princes selama hidup ngapain aja, kok baru tau cireng itu gorengan," komentar akun TikTok @qwertyfnfnfnk.

"ya Allah sejak kapan cireng jadi kaya dimsum," tulis akun TikTok @imatsheinafia1.

"Cireng mana ada pake kuah mbak," sahut akun TikTok @ndunjun.

"itu cireng isi, mungkin yg dia tau itu cireng kuah sambel petis," kata TikTok @azkbyzk.