Brilio.net - Saat mencuci pakaian, banyak orang lebih memperhatikan baju berwarna putih, sehingga proses mencucinya dipisah dengan yang berwarna. Hal tersebut umum dilakukan untuk menjaga warna pakaian putih tetap cerah. Padahal, pakaian warna lain juga butuh proses mencuci yang berbeda lho, seperti pakaian hitam.

Pakaian hitam yang dicuci sembarangan lama-kelamaan bisa kusam karena warnanya riskan luntur. Hal ini juga dijelaskan oleh pengguna akun Instagram @casanaf_. Nah, warganet tersebut mengaku punya trik mencuci pakaian hitam supaya tak luntur dan kusam, lho.

Usut punya usut, trik mencuci ini bukan menggunakan detergen, melainkan pakai bahan pembersih lain. Di sisi lain, ia juga menambahkan satu bahan dapur agar warna pakaian hitam tetap awet.

"Cara ini untuk mempertahankan warna hitam pada pakaian agar tetap berkilau dan tidak kusam," tulisnya di video Instagram @casanaf_, dikutip BrilioFood pada Selasa (6/8).

foto: Instagram/@casanaf_

Langkah pertama, rendam 3 sampai 5 lembar pakaian hitam di baskom berisi air dingin. Selanjutnya, tuang sampo kurang lebih sebanyak 2 sachet. Pemilik akun Instagram @casanaf_ menegaskan, sampo yang dipakai harus yang berwarna hitam juga.

"Ini versi aku yaaa , biasanya aku pakai buat nyuci hijab warna hitamku ," kata pemilik akun Instagram @casanaf_.

Setelah itu, tambahkan juga sedikit cuka putih. Yup, inilah bahan dapur utama yang harus ditambahkan saat mempraktikkan trik cuci pakaian hitam ini. Total cuka yang digunakan hanya sekitar 2 cup atau 2 tutup botol.

foto: Instagram/@casanaf_

Kemudian aduk-aduk agar sampo dan cuka tercampur rata dengan air. Kucek pakaian hitam selama beberapa saat sampai semua nodanya hilang. Pemilik akun Instagram @casanaf_ menjelaskan, pastikan pakaian hitam ini tidak dicuci bersamaan dengan warna lainnya, apalagi putih.

foto: Instagram/@casanaf_

Setelah pakaian hitam dirasa bersih, selanjutnya bilas sampai tak ada lagi sisa sampo dan cuka. Lalu, kamu juga bisa merendamnya di air larutan pewangi. Terakhir, tinggal jemur pakaian hitam sampai kering.

"Usahakan jemur di tempat yg tidak terlalu terpapar sinar matahari," tutur pengguna akun Instagram @casanaf_.

Nah, itulah trik cuci pakaian hitam agar warnanya tak luntur dan kusam. Mengintip kolom komentar unggahan Instagram @casanaf_, tak sedikit warganet merasa terbantu dengan trik ini, lho.

"Ternyata ada trik nya, pantesan baju item aku kaya luntur gitu warnanya terimakasih tips nya ya ," tulis Instagram @febby_kamil.

"Mom..klo kaya baju biru dongker gitu, bisa jg kali ya? Seragam suami birdong, cpt kliatan bladus..sedihh mudah2n bs deh pake cara ini," tanya Instagram @viezme, kemudian dijawab oleh pemilik video, "aku belum pernah tryon ke warna lain sih mba , tp coba aja mba. Bajunya warna gelap kan."

"Kalau baju hitam tp ada kombinasi warnanya apa bisa begini cucinya kak??" imbuh Instagram @dianrana dan dibalas, "bisa kak."