Brilio.net - Cokelat leleh merupakan bahan yang populer dan serbaguna dalam dunia kuliner, terutama saat hendak membuat kue. Cokelat leleh ini biasanya berasal dari cokelat batang yang dilelehkan hingga cair. Proses tersebut dilakukan dengan tujuan agar cokelat bisa dengan mudah tercampur dengan bahan-bahan lain.

Namun terkadang cokelat yang dilelehkan tidak bisa lembut sempurna. Dalam beberapa kasus, cokelat justru bisa menggumpal setelah dilelehkan. Cokelat yang dilelehkan bisa menggumpal karena beberapa alasan yang berkaitan dengan suhu, kelembapan, dan kontaminasi. Misalnya, jika dilelehkan pada suhu terlalu tinggi, lemak kakao yang ada dalam cokelat bisa terbakar atau terpisah, menyebabkan cokelat menjadi menggumpal dan bertekstur kasar.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa meniru trik yang dilakukan pengguna Instagram @asahid_tehyung. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku tidak langsung memasakan cokelat di atas kompor. Namun pengguna Instagram tersebut justru menggunakan metode double boiler atau bain-marie.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @asahid_tehyung pada Minggu (22/9), metode ini melibatkan penggunaan dua wadah, yakni satu wadah di atas yang berisi cokelat dan satu lagi berisi air panas. Air yang mendidih akan menghasilkan uap yang memanaskan wadah di atasnya secara lembut dan akhirnya membuat cokelat meleleh. Metode ini adalah cara yang sangat efektif dan aman untuk melelehkan cokelat, menjaga suhu tetap terkendali dan menghasilkan tekstur yang halus.

foto: Instagram/@asahid_tehyung

Lebih jelasnya, rebus air sampai mendidih dalam panci. Jika sudah mendidih, kecilkan api kompor, letakkan cokelat batang yang hendak dilelehkan dalam wadah tahan panas. Kemudian campur dengan mentega dan minyak goreng agar tekstur cokelat semakin lembut dan tak mudah menggumpal.

foto: Instagram/@asahid_tehyung

Pada dasarnya, kedua bahan tambahan tersebut juga bisa meningkatkan kualitas cokelat yang dilelehkan, lho. Selain meningkatkan tekstur cokelat agar lebih lembut, Penambahan mentega dapat mengurangi kekentalan cokelat, sehingga lebih mudah untuk dicampur atau digunakan sebagai glasir.

Sementara itu, minyak membantu mencegah cokelat leleh menjadi terlalu keras saat mulai dingin. Hal ini sangat berguna jika cokelat akan digunakan untuk membuat permen.

foto: Instagram/@asahid_tehyung

Selanjutnya, panaskan cokelat sambil diaduk-aduk sampai meleleh. Jika cokelat sudah meleleh sempurna, langsung angkat dan pindahkan ke wadah lain. Nah, cokelat leleh ini siap digunakan untuk campuran berbagai macam kue.

Sejak diunggah pada 14 September lalu, video tentang trik lelehkan cokelat ini telah ditonton lebih dari 41 ribu kali. Sejumlah warganet tampak turut memberikan tanggapan secara langsung di kolom komentar. Banyak pengguna Instagram yang mengungkapkan terima kasih karena mendapat ilmu baru yang bermanfaat.

"Jadi glowing yah teh coklatnya nanti," sahut Instagram @annisaaisyahara.

"Makasih tipsnya teteh," papar Instagram @dian_tika_rahayu.

"Wah makaish tips nya teh," tulis akun Instagram @delisa_hasna.