Untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa meniru sebuah trik sederhana yang dibagikan oleh pengguna YouTube bernama Sasa Suratman. Melalui channel YouTube pribadinya, Sasa mengaku kerap menyimpan santan kental dalam kondisi beku.

foto: YouTube/Sasa Suratman

"Jadi tinggal ditambah air ketika memasak opor atau sambal goreng yang membutuhkan kuah banyak," ujar YouTube Sasa Suratman, dikutip BrilioFood pada Rabu (30/8).

Nah, keluarkan dulu santan dari freezer. Setelah itu, siapkan air di mangkuk atau baskom.

Selanjutnya, masukkan santan beku (bersama kemasannya) ke wadah berisi air tersebut. Rendam santan dalam air suhu ruang sampai separuh bagiannya mulai mencair. Jadi tak perlu menunggu sampai santannya mencair sepenuhnya, ya.

foto: YouTube/Sasa Suratman

Setelah itu, angkat dan buka kemasan santannya. Pidahkan ke panci. Kemudian panaskan menggunakan api yang sangat kecil. Saat dipanaskan, tambahkan juga daun jeruk dan daun salam salam. Selain untuk menambah aroma sedap, penambahan rempah daun ini juga akan membuat santan jadi tidak mudah pecah saat dipanaskan, lho.

foto: YouTube/Sasa Suratman

Untuk hasil maksimal, jangan lupa aduk-aduk terus santannya saat dipanaskan. Lakukan proses ini sampai santan cair dengan sempurna. Nah, jika sudah mencair, barulah kemudian santan siap digunakan untuk berbagai macam masakan.

"Jadi tidak dalam keadaan beku seperti ini kemudian dituang ke kuah opor, tetapi dicairkan dulu. Itu tips untuk mendapatkan kuah yang lezat tanpa pecah santannya," terangnya lebih lanjut.

foto: YouTube/Sasa Suratman

Unggahan milik pengguna YouTube Sasa Suratman ini sudah ditonton lebih dari 9.000 kali. Siapa sangka, banyak yang mengaku video tersebut sangat bermanfaat untuk ditiru. Hal ini diungkapkan langsung melalui kolom komentar video tersebut.

"Pantes saya langsung masukin santan beku dr freezer. Pecah santan berbutir2 tp gak basi. tip yg bagus sis. Thank you," ungkap YouTube @rinichul2450.

"makasih tipsnya mom. Bermanfaat bget, barusan sy beli santan beku krna yg cair stok nya kosong. Jdi sy bingung mau menggunakanya gimana,akhirnya sy mampir kesini," sahut YouTube @ummuafiz.

"Hanya dg menggunakan daun jeruk/ daun salam santan tdk pecah Bun? Sya baru tauu.. kebetulan nanti malam mau masak rendang, santan ny ada d freezer.. nanti akan ku coba tips ny.. trimaksh bnyak Bun," ujar YouTube @dianedwiputrianti.

"Jazakalloh tip nya Bun," kata YouTube @nyimaslarasati7402.