Brilio.net - Gula cair adalah pilihan populer untuk digunakan sebagai campuran dalam berbagai minuman, mulai dari teh, kopi hingga cocktail dan mocktail. Gula cair cenderung mudah larut dalam waktu cepat dibandingkan gula pasir. Nggak heran jika kemudian banyak orang memilih menggunakan gula cair sebagai campuran berbagai macam minuman.

Walaupun begitu, penggunaan gula cair ini harus ditambahkan secara hati-hati. Jika tidak, gula cair bisa dengan mudah tumpah dan mengotori berbagai permukaan, seperti lantai dapur. Teksturnya yang kental akan membuat permukaan lantai jadi lengket, lho.

Dengan mengelapnya secara langsung bukan jadi solusi. Hal ini lantaran teskturnya yang lengket akan meninggalkan bekas di lantai. Di sisi lain, lap yang digunakan juga bisa lengket dan penuh noda. Jika tidak langsung dibersihkan, lantai dan kain lap yang terkena noda gula ini bisa mengundang semut berdatangan.

Nah, untuk mengatasi masalah ini, penting untuk mengambil langkah-langkah pembersihan yang pas. Tapi jika bingung, kamu dapat meniru trik dari akun Instagram @widha_suzy dalam membersihkan tumpahan gula cair di lantai. Dalam salah saru unggahannya, wanita bernama Widha ini menunjukkan tumpahan gula cair yang bercecer di lantai.

foto: Instagram/@widha_suzy

Alih-alih langsung mengelap atau mengepel gula cair tersebut, dia memilih mengambil beberapa lembar tisu kering. Dilansir BrilioFood dari Instagram @widha_suzy pada Minggu (19/10), tisu kering ini bisa digunakan untuk menutup noda gula tersebut. Selain tisu, kamu juga bisa memanfaatkan lap kotor, ya.

foto: Instagram/@widha_suzy

Jika sudah, siram tisu atau lap tadi dengan air panas dan tunggu beberapa detik. Ketika tisu sudah dingin, gunakan untuk mengusap noda gula di lantai, lalu lap-lap dan ambil tisunya. Jika masih ada noda yang tercecer, lap lagi dengan tisu tersebut.

foto: Instagram/@widha_suzy

Pada dasarnya, menggunakan tisu yang diberi air panas untuk membersihkan noda gula di lantai sangat efektif. Tisu yang diberi air panas tidak hanya membantu melarutkan gula, tetapi juga membantu menyerap larutan gula tersebut. Serat-serat dalam tisu menyerap air panas bersama dengan gula yang telah larut, sehingga noda bisa diangkat dari permukaan lantai lebih efektif. Air panas membantu mempercepat proses pelarutan dan penyerapan ini.

Sementara itu, noda gula cenderung sangat lengket dan sulit dihilangkan jika hanya dengan mengelap menggunakan tisu kering atau basah biasa. Air panas membantu menghilangkan sifat lengket dari gula dengan cara melarutkannya, sehingga lebih mudah diangkat dengan tisu. Dengan demikian, lantai yang terkena tumpahan gula bisa dibersihkan dengan lebih menyeluruh dan tidak meninggalkan residu lengket.

Video tentang trik bersihkan tumpahan gula cair di lantai ini telah ditonton lebih dari 752 ribu kali sejak diunggah pada Senin (14/10) lalu. Menilik kolom komentar, banyak pengguna Instagram lain yang mengaku terbantu dengan adanya video tersebut.

"Aku jg kaya gt bedanya pake air galon yg panas," tulis akun Instagram @blackswag4d.

"Selalu memberikan tips yg sangat berguna dan worth to try," kata Instagram @wyndadulce.