Pepaya dikenal sebagai buah tropis yang rasanya manis dan teksturnya lembut. Walaupun begitu, buah pepaya terkadang masih terasa pahit meskipun sudah matang. Salah satu penyebab utama rasa pahit ini adalah adanya getah putih yang dikenal sebagai lateks. Nah, lateks ini sering kali tersisa pada kulit atau daging buah, terutama jika pepaya tidak dikupas dan dibersihkan dengan benar.

Getah tersebut mengandung enzim papain, yang meskipun bermanfaat untuk pencernaan, dapat memberikan rasa pahit. Tentu pepaya matang yang masih terasa pahit cenderung kurang enak dikonsumsi. Namun selain itu, faktor pematangan juga memainkan peran penting dalam rasa buah pepaya. Pepaya yang dipetik sebelum mencapai matang sempurna dan kemudian dibiarkan matang di luar pohon cenderung mengembangkan rasa pahit.

Proses pematangan alami di pohon memungkinkan buah mengembangkan kandungan gula yang cukup untuk menyeimbangkan rasa pahit. Jika proses ini terganggu, kandungan gula yang tidak memadai dapat menyebabkan rasa pahit tetap ada. Jika kamu telanjur mendapati buah pepaya matang yang rasanya pahit, tak perlu khawatir, ada sebuah cara untuk mengatasinya. Seperti yang dibagikan pengguna YouTube Quick Simple and Tasty.

 

© YouTube/Quick Simple and Tasty

Dilansir BrilioFood dari YouTube Quick Simple and Tasty pada Kamis (12/9), hal pertama yang harus dilakukan adalah membiarkan buah pepaya dalam kondisi utuh dan belum dikupas. Setelah itu, potong kedua ujung buah pepaya menggunakan pisau. Tak perlu terlalu banyak, cukup iris sedikit hingga daging buahnya terlihat.

© YouTube/Quick Simple and Tasty

Setelah itu, buat sayatan secara memanjang dari atas ke bawah buah pepaya. Semakin banyak sayatan yang dibuat, maka getahnya akan semakin banyak keluar. Pasalnya, rasa pahit yang ditimbulkan dari buah pepaya matang berasal dari getah tersebut. Jadi, proses ini dilakukan untuk membuang getahnya.

© YouTube/Quick Simple and Tasty

Jika buah pepaya sudah disayat-sayat, letakkan di atas tatakan dengan posisi berdiri (horizontal). Setelah itu, diamkan selama 2-3 jam. Hal tersebut akan membuat semua getah putihnya benar-benar keluar habis, sehingga rasa buah pepaya jadi lebih manis.

© YouTube/Quick Simple and Tasty

Setelah didiamkan, bilas buah pepaya untuk menghilangkan getahnya. Barulah kemudian kupas kulit buah pepaya seperti biasa. Kemudian belah dan buang biji di bagian dalam buah pepaya. Lalu potong-potong buah pepaya dengan ukuran lebih kecil agar mudah disantap. Dengan begitu, kamu bisa menikmati buah pepaya yang segar dan manis.

Selain dengan teknik tersebut, kamu bisa menggunakan cara lain dalam menghilangkan rasa pahit pada buah pepaya matang. Salah satunya adalah dengan merendamnya dalam larutan garam. Jadi, kupas dan potong buah pepaya jadi bagian kecil, lalu rendam dalam air garam selama 30-60 menit. Setelah itu, bilas dan sajikan. Nah, garam ini akan membantu mengeluarkan getah yang menyebabkan rasa pahit pada buah pepaya.