Brilio.net - Kuah bakso yang enak sudah pasti dibuat dari racikan bumbu yang tepat. Pasalnya, kalau belum tahu triknya, kuah bakso bisa-bisa terasa kurang sedap, malah hambar atau bahkan terlalu asin. Alhasil, hidangan bakso jadi kurang menggugah selera.

Padahal, kalau kuah bakso dibuat dengan racikan bumbu yang tepat, yang menyantapnya auto doyan dan nambah lagi. Nah, pemilik akun TikTok @aniknovitasari325 sempat membagikan trik membuatnya lewat sebuah video.

Ia menjelaskan, bumbu kuah bakso akan terasa kurang nendang kalau langsung dihaluskan begitu saja. Makanya biar nggak gagal lagi, bumbu tersebut harus melewati proses masak tertentu biar hasilnya semakin gurih dan wangi.

foto: TikTok/@aniknovitasari325

Semula, siapkan merica dan pala secukupnya, kemudian sangrai di wajan selama beberapa saat. Yup, proses menyangrai kedua bumbu tersebut bisa bikin bumbu kuah bakso jadi lebih wangi nantinya. Setelah kecokelatan, merica dan pala bisa diangkat dan disisihkan terlebih dahulu.

foto: TikTok/@aniknovitasari325

Selanjutnya, siapkan minyak panas di dalam wajan secukupnya, baru goreng bawang putih utuh. Bawang putih tersebut harus digoreng selama beberapa saat sampai matang terlebih dahulu. Kalau bawang putih matang, otomatis rasanya lebih gurih dan wangi, lho.

"Jika sudah terlihat kuning, masukkan batang daun bawang," imbuh pemilik akun TikTok @aniknovitasari325, dikutip BrilioFood pada Rabu (14/8).

Selagi menggoreng bawang putih dan batang daun bawang, pastikan kamu menggunakan api kompor kecil, sehingga bumbu matang sempurna. Saat kedua bumbu tersebut matang, lanjut angkat dan tiriskan.

foto: TikTok/@aniknovitasari325

Semua bumbu mulai dari merica, pala, bawang putih, dan daun bawang bisa dimasukkan ke dalam gelas blender. Kemudian, tambahkan pula garam secukupnya dan blender hingga semua bahan tercampur rata dan halus.

"Untuk gula, penyedap rasa, dan kaldu bubuk dimasukkan pada saat air mendidih," tegas pemilik akun TikTok @aniknovitasari325.

Saat bumbu halus sudah jadi, artinya siap direbus bersama air dan bahan pelengkap lain buat jadi kuah bakso.