Brilio.net - Ikan adalah bahan makanan yang dapat diolah menjadi berbagai hidangan lezat. Selain rasanya enak, ikan juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Menurut healthline.com, kandungan omega-3 pada ikan dapat membantu mengurangi peradangan sekaligus menjaga kesehatan jantung. Menyadari manfaat ini, banyak orang memilih menyetok ikan di rumah. Dengan demikian, tidak perlu sering-sering pergi ke pasar saat ingin memasak ikan.

Beberapa orang menyimpan stok ikan di dalam kulkas untuk persediaan. Namun, jika penyimpanannya tidak tepat, tekstur dan rasa ikan bisa berubah. Penyimpanan yang kurang baik juga dapat membuat ikan cepat busuk. Seperti yang dialami oleh pengguna Instagram @ummubalqishaura.

foto: Instagram/@ummubalqishaura

“Ada yang sama nggak? Baru 2 hari simpan ikan di kulkas tapi rasanya udah nggak segar, baunya tidak sedap,” ucapnya dikutip BrilioFood pada Sabtu (26/10).

foto: Instagram/@ummubalqishaura

Kalau mengalami hal serupa, jangan buru-buru membuang stok ikan, ya. Kamu bisa meniru apa yang dilakukan oleh pengguna Instagram @ummubalqishaura ini. Caranya, langsung bilas ikan pakai air mengalir. Usap-usap seluruh permukaan ikan pakai tangan.

foto: Instagram/@ummubalqishaura

Kalau dirasa sudah cukup bersih, tiriskan ikan. Setelah kering, masukkan ikan satu per satu ke wadah kedap udara. Pastikan wadah yang digunakan dalam keadaan kering dan bersih, ya.

foto: Instagram/@ummubalqishaura

Sebelum ditutup, tambahkan es batu di atas ikan. Menurut pemilik video, es batu bisa membuat stok ikan bertahan lama.

“Jika kulkas tidak cukup dingin atau sering membuka pintu kulkas, es batu dapat membantu menjaga suhu tetap rendah dan stabil di sekitar ikan,” jelasnya lebih lanjut.

foto: Instagram/@ummubalqishaura

Setelah itu, tutup wadah rapat-rapat. Lalu simpan kembali stok ikan ke dalam freezer. Stok ikan pun akan bertahan lama tanpa mengalami perubahan sedikit pun. Hal ini dibuktikan saat ia menunjukkan penampakan stok ikan setelah disimpan beberapa hari.

“Hasilnya ikannya masih segar, tidak lembek atau kering. Rasa dan aromanya tidak berubah,” ucapnya.