Brilio.net - Telur yang dipakai untuk membuat sebuah hidangan nggak melulu dalam bentuk utuh. Misalnya saat bikin kue, kebanyakan kuning telurnya saja yang digunakan. Alhasil, banyak orang bingung harus melakukan apa pada sisa putih telurnya.

Pasalnya, jika putih telur diletakkan begitu saja di suhu ruang, bisa-bisa bahan dapur satu ini jadi basi dan terbuang percuma. Makanya banyak orang memilih langsung merebus atau mengukusnya saja untuk dijadikan lauk saat makan nasi.

Namun bagi sejumlah orang, kalau sisa putih telur terlalu sering dijadikan lauk, berisiko enek dan selera makan turun. Nah, biar nggak enek, lebih baik putih telur disimpan saja. Usut punya usut, kalau kamu tahu cara penyimpanan yang tepat, putih telur ini bisa tahan lama, lho.

foto: YouTube/FATMAH BAHALWAN

Salah satu caranya dibagikan oleh pengguna akun YouTube FATMAH BAHALWAN. Wanita ini dikenal aktif membagikan resep-resep pembuatan kue, sehingga sudah sangat familiar dengan cara menyimpan putih telur. Ia menjelaskan, putih telur sebaiknya disimpan di dalam wadah tertutup dan bersih, lalu dimasukkan ke dalam kulkas.

"Taruh di wadah plastik atau tupperware yang sudah diikat rapat di dalam kulkas, dia bisa tahan sampai 1 bulan," jelasnya, dikutip BrilioFood dari YouTube FATMAH BAHALWAN pada Minggu (21/7).

foto: YouTube/lanny soechan

Di sisi lain, ada satu cara lagi dari pengguna akun YouTube lanny soechan, lho. Bahkan, cara ini disebut bisa bikin putih telur jauh lebih awet, yakni hingga 6 bulan. Caranya, letakkan putih telur di dalam plastik, lalu ikat plastiknya sampai rapat.

"Harus bersih, tanpa terkena air, minyak, juga kuning telur. Kita bungkus pakai plastik yang tebal," tuturnya.

foto: YouTube/lanny soechan

Setelah putih telur dikemas, baru simpan putih telur tersebut di dalam freezer kulkas. Ya, putih telur ini harus dibekukan supaya bisa tetap segar tanpa busuk sampai 6 bulan.

foto: YouTube/lanny soechan

Pemilik akun YouTube lanny soechan pun membagikan alternatif cara pengolahan sisa putih telur ini, sehingga nggak jadi hidangan yang itu-itu saja. Jadi, alih-alih cuma direbus, putih telur bisa dibuat sebagai tambahan pada adonan chiffon cake, dimasak jadi orak-arik, sampai dijadikan isian pastel.

Nah, praktis banget kan cara menyimpan putih telur ini? Mengintip kolom komentar di video YouTube lanny soechan yang sudah mendapat 24 ribu viewers, tak sedikit warganet meninggalkan pertanyaan antusias seputar cara menyimpan putih telur ini, lho.

"makasih infonya sy br tau krn selama ini cuma di taro di wadah tertutup masuk kulkas biasa. tp knp kl sy mau pakai lg di diamkan disuhu ruang putih telur berair ya? jd tdk bs diolah," tulis YouTube @pippiwidjaja2417 dan mendapat jawaban dari pemilik video, "Yup... betul kak. Biarkan sebentar disuhu ruang," jawab akun YouTube lanny soechan.

"Kalau kuningnya dimodel gitu apakah jg bisa sampai 6bulan?" tanya YouTube @riowahyudi7165, lalu dibalas, "Untuk Kuning Telur, tidak bisa," YouTube lanny soechan.

"mau tanya ibu2,,, kalau putih telur dimasukan ke botol terus simpan di frizer tahan brapa hari?" sebut YouTube @aljanahofficial3969, kemudian mendapat respons, "Jgn dimasukkan kedalam botol kaca / Beling ya kak. Kuatir pecah botol2 tsb. Boleh dimasukkan kedalam botol2 plastik. Daya tahan sama. Bertahan ad 6 bulan kak," YouTube lanny soechan.