Brilio.net - Nggak sedikit orang masih mengandalkan cobek untuk menghaluskan berbagai bahan masakan. Bahkan ada yang beranggapan bumbu yang diulek menggunakan cobek justru rasanya lebih nikmat.

Meski begitu, penggunaan cobek juga nggak lepas dari suatu kendala. Seiring pemakaian, cobek pun bisa retak, permukaannya berpasir, hingga berjamur. Kalau dilihat dari dekat, akan tampak bintik-bintik putih yang merupakan noda jamur di cobek.

Usut punya usut, jamur di cobek disebabkan karena sisa-sisa bumbu masakan yang tidak dibersihkan secara maksimal. Kalau sudah telanjur berjamur, cobek nggak cukup dicuci pakai sabun cuci piring biasa karena bintik-bintik putih masih akan terlihat jelas. Permasalahan ini sempat dialami oleh pengguna Instagram @dideroom.

Cara membersihkan cobek dengan cepat cuma pakai satu bahan makanan.

Pengguna akun Instagram dideroom memilih untuk tak mencuci cobek dengan sabun cuci piring, melainkan pakai bahan dapur lain.

"Jangan cuma dicuci pakai sabun, karena masih kelihatan jamurnya gini," ujarnya dikutip BrilioFood dari Instagram @dideroom pada Minggu (9/6).

foto: Instagram/@dideroom

Warganet ini memilih langsung menaruh cobek ke wadah berisi air. Diamkan dan rendam cobek selama 1 1/2 jam.

foto: Instagram/@dideroom

Kalau sudah direndam selama 1 1/2 jam, tiriskan cobek. Lalu keringkan cobek serta ulekannya pakai kain lap bersih.

Setelah bersih, tuang satu bahan dapur, yakni beras. Lalu ulek beras seperti biasa sampai mengenai seluruh permukaan atas cobek. Beras di sini dianggap bisa menggosok seluruh permukaan cobek dengan maksimal.

foto: Instagram/@dideroom

Setelah diulek, warna beras tampak berubah. Kalau awalnya putih bersih, beras jadi tampak kehitaman. Lalu bilas cobek dengan air mengalir.

foto: Instagram/@dideroom

Proses terakhir, rendam cobek pakai air hangat. Setelah air rendamannya dingin, tiriskan cobek. Keringkan kembali pakai kain lap bersih, cobek yang sudah bersih bisa langsung dipakai seperti biasa. Hasilnya juga sesuai ekspektasi, sama sekali tidak ada noda jamur yang tersisa di permukaan cobek.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Delliana Prima Rizkinita (@dideroom)