Brilio.net - Buat sebagian orang, kaldu ayam menjadi menu makanan yang wajib ada di rumah, terlebih buat ibu rumah tangga yang memiliki balita. Kaldu ayam adalah sari rebusan daging atau tulang yang ditambahkan dengan rempah dan sayuran. Kaldu ayam diketahui baik untuk balita hingga dewasa.

Setelah disaring, biasanya kaldu ayam akan meninggalkan ampas yang disebut ampas kaldu. Kebanyakan orang memilih membuang ampas kaldu lantaran dianggap sebagai limbah dapur. Namun ketimbang dibuang, ternyata ampas kaldu bisa dimanfaatkan menjadi sajian makanan yang lezat, lho. Akun Instagram @rddenisa membagikan trik mengubah ampas kaldu menjadi nugget. Ia tampak menggunakan dua bahan tambahan, yaitu telur dan tepung.

"Biar ga rugi, ampas kaldu dimasak balik aja buibu. Jadikan nugget," tulisnya, dikutip BrilioFood dari Instagram @rddenisa pada Senin (8/7).

Diketahui perempuan tersebut adalah seorang dokter sekaligus konselor MPASI, ia kerap membagikan pengalamannya saat menyiapkan asupan makanan untuk buah hatinya yang masih balita. Menurutnya, ampas kaldu masih memiliki kandungan gizi lantaran berasal dari daging blender, jadi tetap bisa dimanfaatkan kembali.

"Pertanyaannya apakah ampas kaldu gini masih ada gizinya? masih ada banget dong kan ini cuma daging yang diblender," terangnya.

foto: Instagram/@rddenisa

Pertama, pastikan ampas kaldu sudah halus dan tidak ada tulangnya. Jika ada rempah yang bertekstur keras seperti jahe, sisihkan dan buang saja. Kemudian ampas kaldu siap untuk dicampur dengan bahan lainnya.

foto: Instagram/@rddenisa

Lalu pecahkan beberapa telur dan campurkan ke dalam adonan ampas kaldu. Warganet ini memilih memakai dan memecahakan 3 butir telur. Supaya semakin gurih, kamu juga bisa menambahkan bahan penyedap rasa seperti garam, lada, atau kaldu bubuk. Setelah itu, masukkan bahan tepung. Menurutnya, resep ini bebas untuk menggunakan tepung apa saja, namun ia memilih untuk memakai tepung oat dan maizena.

"Di sini akau pakai tepung oat dan maizena. Mami di rumah mau pakai tepung apa aja bebas," ucapnya.

foto: Instagram/@rddenisa

Ia juga mengaku tidak menggunakan takaran yang pasti karena dibuat dengan feeling, yang terpenting pastikan adonannya tidak lembek. Setelah adonan tercampur rata, ia menambahkan minyak wijen agar tidak lengket. Lalu pindahkan adonan ke wadah tahan panas. Kini, adonan siap untuk dikukus hingga matang.

foto: Instagram/@rddenisa

Postingan tersebut sontak mendapat banyak sorotan dari warganet. Lewat kolom komentar, banyak yang mengaku baru mengetahui trik tersebut. Tak sedikit juga yang menanyakan hasil tekstur setelah dibuat menjadi nugget. Menurutnya, teksturnya tetap mirip seperti nugget pada umumnya.

"Ini pakai kaldu daging ayam, ya jadinya kayak tekstur nugget lainnya," jawabnya.

Pemilik akun itu juga menambahkan informasi jika ada yang alergi telur, maka bahannya bisa diganti menggunakan flaxseed atau chia seed untuk merekatkan adonan. Gimana, tertarik untuk mencoba?