Brilio.net - Saat membuat ayam krispi, sejumlah orang biasanya akan menggunakan dua jenis adonan tepung, yakni adonan basah dan kering. Nah, adonan basah terbuat dari tepung yang diberi bumbu dan air. Sedangkan adonan kering hanya dibuat dari campuran tepung dan bumbu.

Diracik dengan takaran lebih banyak, adonan kering ayam krispi seringkali menjadi PR tersendiri usai digunakan. Bukan tanpa sebab, banyak orang membuang begitu saja sisa tepung kering ayam krispi karena selalu tersisa cukup banyak. Padahal sebenarnya sisa tepung kering ayam krispi ini bisa digunakan lagi untuk adonan kering.

Ada sebuah trik yang bisa dilakukan untuk menyimpan sisa tepung kering ayam krispi ini. Seorang pengguna Instagram @kakak_maryam pernah membagikan trik tersebut melalui salah satu video yang diunggah. Dia mengaku trik ini bisa membuat sisa tepung tahan lama dan tidak berjamur, lho.

Langkah menyimpan sisa tepung kering ayam krispi.

Dilansir BrilioFood pada Senin (17/6), hal pertama yang harus dilakukan adalah memasukkan tepung ke dalam wadah atau gelas terlebih dahulu. Setelah itu, saring tepung dengan cara menuang tepung langsung dari wadah ke atas saringan. Lalu ayak menggunakan wadah tadi agar tepung yang halus bisa tersaring seluruhnya.

foto: Instagram/@kakak_maryam

Jika sudah, pindahkan tepung ke atas piring atau wadah lebar. Lalu jemur di bawah sinar matahari selama 20-30 menit. Nah, hal ini penting dilakukan supaya tepung tidak lembap dan mudah berjamur saat disimpan nanti. Selain itu, penjemuran ini juga bertujuan supaya tepung tidak mudah dikontaminasi oleh kutu.

"Untuk menghindari pertumbuhan bakteri karena tadi lembap atau basah," terang Instagram @kakak_maryam lebih lanjut.

foto: Instagram/@kakak_maryam

Nah, setelah dijemur, barulah kemudian pindahkan tepung ini ke dalam toples kedap udara. Lalu letakkan toplesnya di area yang kering. Dengan begitu, sisa tepung ini akan lebih tahan lama dan bisa kamu gunakan lagi sewaktu-waktu saat hendak membuat aneka gorengan.

foto: Instagram/@kakak_maryam

Unggahan tentang trik simpan sisa tepung kering ini telah ditonton lebih dari 12 ribu kali di Instagram. Siapa sangka, banyak warganet yang mengaku kerap memiliki masalah yang sama. Maka dari itu, trik yang dibagikan oleh pengguna Instagram @kakak_maryam ini sangat bermanfaat untuk ditiru.

"Sering ni ampe kdang suka bingung mau digoreng apa," ujar Instagram @putri_hmaira.

"Iya sering and biaanya sisanya buat goreng tahu/tempe klo dah tau bisa di pake lagi gak akan lakuin lagi deh .
Mksh ya tipsnya," kata Instagram @_namae_nashi.

"Makasih mba tips nya, harusnya memang seperti ini jangan di buang," sahut Instagram @rizkiwulandari88.

"Jadi hemat bisa dipakai lagi ya bun," tulis akun Instagram @hesthiakenanga.

"Aku baru tau biasanya kalo udh pake suka di buang aja, mkasih tipsnya," komentar akun Instagram @erin_arini.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Maryam Ash Shiddiiqoh (@kakak_maryam)