Brilio.net - Cangkang telur sering kali dianggap sebagai limbah dan dibuang begitu saja setelah isinya dimanfaatkan. Padahal, cangkang telur memiliki berbagai manfaat, salah satunya adalah sebagai bahan pembersih alami yang efektif. Kandungan kalsium karbonat yang tinggi dalam cangkang telur bersifat abrasif dan bisa digunakan untuk membersihkan noda serta kotoran membandel di rumah.

Bahkan limbah dapur satu ini juga bisa dipakai untuk membersihkan seluruh perabotan dapur yang berkerak, lho. Mulai dari pantat wajan gosong, kompor, dan wastafel yang berkerak bisa kembali bersih dengan cangkang telur ini. Namun bukan langsung digunakan, cangkang telur harus diolah terlebih dahulu agar bisa lebih maksimal dalam mengangkat kotoran.

Beruntungnya, seorang pengguna Instagram @fajaralam_s pernah membagikan cara menggunakan cangkang telur untuk membersihkan dapur. Dalam salah satu video yang diunggah, dia mengaku menambahkan bahan-bahan lain. Dilansir BrilioFood dari akun Instagram @fajaralam_s pada Selasa (1/10), bahan tambahan yang dimaksud adalah soda kue dan bubuk sabun pembersih atau detergen.

foto: Instagram/@fajaralam_s

Cara buatnya, rebus cangkang telur selama 15 menit. Lalu tiriskan dan jemur di bawah sinar matahari selama 1 jam. Jika sudah, masukkan ke blender kaca. Hindari menggunakan blender plastik karena akan membuat tabung blender baret dan tergores.

foto: Instagram/@fajaralam_s

Setelah itu, masukkan 20 gr soda kue dan 100 gr bubuk sabun pembersih. Kemudian blender sampai halus. Nah, setelah diblender, bubuk cangkang telur ini bisa langsung digunakan atau disimpan sebagai stok, ya. Jika hendak disimpan, letakkan di wadah kedap udara dan kering.

foto: Instagram/@fajaralam_s

Dalam video tersebut, pengguna Instagram @fajaralam_s hendak membersihkan kompor dan wastafel yang berkerak. Dia langsung menuang bubuk cangkang telur tersebut ke spons cuci piring yang kasar. Lalu menggosokkan spons tersebut ke wastafel dan kompor yang berkerak.

foto: Instagram/@fajaralam_s

Langkah terakhir, bilas wastafel menggunakan air mengalir. Lalu lap kompornya dengan kain kering. Dijamin wastafel dan kompor jadi lebih bersih. Kamu bisa menggunakan bubuk cangkang telur ini untuk membersihkan perabot dapur lainnya, lho. Dijamin serbaguna dan bikin dapur jadi lebih bersih.