Brilio.net - Untuk kamu yang gemar memasak, pasti sudah familiar kan dengan spatula atau sutil. Alat dapur yang satu ini berfungsi sebagai sendok untuk membantu proses memasak. Spatula dirancang dengan berbagai bentuk sesuai fungsinya, dan terbuat dari berbagai bahan seperti silikon, kayu, stainless steel, dan karet.

Nah, spatula berbahan silikon rupanya makin diminati banyak orang. Alat ini terbuat dari silikon atau karet, baik pada gagang maupun penampangnya. Kendati begitu, kini banyak juga spatula silikon yang tahan panas, jadi bisa digunakan untuk menumis atau merebus.

Tampilan yang menarik dari spatula ini memang bikin semangat memasak makin meningkat. Tetapi, ada hal yang penting untuk diperhatikan lho jika kamu memiliki spatula silikon di rumah. Tepatnya pada saat proses pencucian. Ya, mencuci spatula silikon tidak cukup jika hanya menggunakan sabun cuci. Bahkan, berpotensi untuk meninggalkan zat-zat kimia di dalam spatula. Hal ini disampaikan oleh pemilik akun Instagram @myversiofzen lewat sebuah postingan video.

"HATI2 KLO KALIAN SUKA PAKAI PERALATAN MASAK, MAKAN DAN MINUM DARI SILIKON YA!," tulisnya dikutip BrilioFood dari Instagram @myversiofzen, Sabtu (10/8).

foto: Instagram/@myversiofzen

Ia menyampaikan bahwa sebenarnya silikon itu memiliki pori-pori yang bisa melebar ketika meregang akibat suhu tinggi. Sehingga, zat-zat seperti sabun cuci piring pun bisa terjebak di dalamnya. Nggak heran kan jika terkadang spatula mendadak berbusa saat digunakan untuk menumis. Hal itu karena masih ada zat dari sabun yang tersisa.

foto: Instagram/@myversiofzen

"Jadi silikon ini sebenernya "berpori" yang bisa melebar ketika meregang akibat suhu tinggi ataupun krn dilenturkan. Nah ini yg bikin banyak zat-zat bisa masuk dan "terjebak" di dalamnya." lanjutnya.

Tak hanya residu saja, tetapi zat-zat dari sisa makanan bisa tertinggal ke pori-pori silikon. Hal ini menyebabkan noda makanan yang menempel susah hilang, dan bahkan bau makanan juga tertinggal.

Lalu bagaimana cara mencuci spatula silikon yang benar?

foto: Instagram/@myversiofzen

Menurut pemilik akun tersebut, kamu bisa menggunakan 1 bahan dapur yaitu baking soda untuk mencuci spatula. Hal ini juga bisa diterapkan saat mencuci peralatan baking bahan silikon, seperti kuas-kuas silikon, tatakan, dan banyak lagi.

Caranya, rendam alat-alat tersebut menggunakan larutan baking soda, sabun cuci piring, dan air panas. Setelah itu bilas hingga bersih dan lap agar mengering.

foto: Instagram/@myversiofzen

Sementara, untuk peralatan memasak, makan dan minum dari bahan silikon. Lakukan hal yang sama, bedanya setelah dicuci bersih rebus alat selama 15-20 menit untuk menghilangkan zat-zat yg terjebak di dalamnya nih.

foto: Instagram/@myversiofzen

Pemilik akun tersebut juga menegaskan jika alat memasak berbahan silikon sudah berjamur, sebaiknya ganti dengan yang baru saja.

"Jadi klo yang suka nanya gimana klo sedotan minum silikon anak jamuran, tempat makannya jamuran, karetnya jamuran.. mending saran aku buang ganti baru aja ya. Soalnya klo ditreatment pakai bahan kimia yang ga buat makan n minum, kebayang ga tuh klo sampe "stuck"," lanjutnya.

foto: Instagram/@myversiofzen

Nah, mudah kan cara membersihkan spatula dan alat memasak berbahan silikon. Kini, tak perlu khawatir muncul busa lagi saat sedang menggoreng. Yuk, mulai perhatikan kebersihan alat memasak dan makan di rumah.