Dilansir BrilioFood dari YouTube TERRA CATERING pada Jumat (4/8), siapkan dulu 12 butir telur rebus dalam panci. Lalu tuang air sampai telur terendam sempurna. Jika sudah, masukkan bumbu-bumbu dan rempahnya.

foto: YouTube/TERRA CATERING

Dalam video tersebut, dia menggunakan bumbu berupa 4 siung bawang merah iris, 4 siung bawang putih, 5 lembar daun salam, 1 batang serai, lengkuas, 50 gram gula merah, dan 1 kantong teh celup. Nah, teh celup inilah yang akan membuat warna telur jadi cokelat sempurna, lho. Teh bisa dipakai sebagai pengganti daun jadi untuk pewarna cokelat alami.

Jika sudah, tambahkan 1 sdt garam, 1 sdt penyedap rasa, 4 sdm gula pasir, dan 5 sdm kecap manis. Aduk-aduk sebentar. Setelah itu, rebus dan masak telur selama 30 menit dalam kondisi panci tertutup.

foto YouTube/TERRA CATERING

Selanjutnya, matikan kompor. Lalu ambil teh celupnya dan buang agar rasa telur tidak pahit. Karena warnanya masih agak putih (belum cokelat sempurna), rendam dulu telurnya selama semalaman.

Setelah direndam, warna telur jadi lebih cokelat, lho. Tahap selanjutnya, ambil telur satu per satu. Lalu masukkan ke dalam kantong plastik yang sudah di tata dalam kukusan. Lalu tuang juga sedikit bumbu kuah bacemnya. Setelah itu kukus selama 30 menit.

foto: YouTube/TERRA CATERING

"Supaya telur ini bisa menjadi kenyal dan gempi kalau kata orang Jawa bilang. Jadi bisa kenyal-kenyal, gitu," terangnya lebih lanjut.

Nah, jika sudah dikukus, pindahkan ke wadah saringan. Selain bikin kenyal, pengukusan ini juga membuat warna telur semakin cokelat pekat, lho. Telur ini pun siap disantap untuk lauk berbagai macam hidangan.

foto: YouTube/TERRA CATERING

Unggahan tentang trik membuat telur bacem ini sudah ditonton lebih dari 21 ribu kali. Nggak heran jika kemudian ada banyak pengguna YouTube lain yang tertarik dan ingin mencoba langsung resep tersebut. Hal ini diungkapkan warganet melalui kolom komentar video tersebut.

"Makasih resep telur bacam nya bunda," ungkap YouTube @masakanrumahanmarlini3324.

"Mkasih resepnya bunfa  tar mau coba," sahut YouTube @sutartitarti6596.

"Ma kasih bund atas berbagi ilmunya malam ini sy bikin telur bacem 7 butir telur buat pelengkap soto besok,,udah dlm rendaman kuahnya bunda tinggal besok pagi ngukusnya,do'akan smga berhasil bund," papar YouTube @mamawindiwindi7571.