Brilio.net - Kunyit, dengan warna kuning cerahnya, dikenal sebagai bumbu dapur yang kuat dan sering digunakan dalam berbagai masakan. Namun, kekuatan pewarnanya juga membuatnya sulit dibersihkan dari permukaan alat dapur, termasuk gelas chopper. Hasilnya, gelas chopper yang mulanya bening dan bersih, jadi tampak kusam.

Pada dasarnya, noda kunyit tidak hanya memengaruhi penampilan gelas chopper, tetapi juga bisa berdampak pada kualitas makanan yang diproses di dalamnya. Noda ini cenderung menempel kuat pada plastik atau bahan lainnya, membuatnya sulit dihilangkan dengan pembersihan biasa. Bahkan, penggunaan detergen biasa pun sering kali tidak cukup efektif untuk mengembalikan gelas chopper ke kondisi semula. Oleh karena itu, perlu langkah-langkah khusus dan bahan pembersih yang lebih kuat untuk mengatasi masalah ini.

Jika bingung, kamu dapat menggunakan trik yang dibagikan oleh pengguna Instagram @rumahchy. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menerapkan beberapa tahapan untuk menghilangkan noda kunyit yang membandel. Bukan hanya dioles pasta gigi saja, pengguna Instagram @rumahchy ini juga mengandalkan bahan dapur lain.

trik bersihkan gelas chopper
Instagram/@rumahchy

Dilansir BrilioFood pada Senin (21/10), bahan dapur yang dimaksud adalah baking soda dan air lemon. Nah, cara pakainya, kamu bisa langsung memasukkan kedua bahan dapur ini ke dalam gelas chopper. Setelah itu, tambahkan air dan blender selama beberapa menit agar kedua bahan tersebut bisa merata ke seluruh bagian. Jika sudah, buang airnya.

trik bersihkan gelas chopper
Instagram/@rumahchy

Jika nodanya masih baru, biasanya baking soda dan air lemon saja cukup membuat chopper jadi bersih. Namun jika nodanya sudah lama dan membandel, oleskan pasta gigi ke seluruh bagian chopper yang penuh noda kuning. Setelah itu, gosok-gosok menggunakan spons cuci piring yang kasar.

trik bersihkan gelas chopper
Instagram/@rumahchy

Setelah digosok merata dan maksimal, langsung bilas chopper di bawah air mengalir. Sambil dibilas, jangan lupa usap-usap permukaan gelas chopper agar tidak ada sisa pasta gigi yang menempel. Nah, dengan begitu, gelas chopper jadi bening lagi dan siap digunakan untuk menghaluskan berbagai macam bahan makanan.

Sejak diunggah pada Jumat (18/10) lalu, video tentang trik bersihkan gelas chopper ini telah ditonton lebih dari 42 ribu kali. Siapa sangka, banyak pengguna Instagram lain yang tertarik dan turut memberikan tanggapan langsung di kolom komentar. Sebagian besar warganet ini mengaku takjub dengan hasil gelas chopper yang bening lagi.

"Bening lagi mksh tipsnya mba chy," sahut Instagram @nurrin_nurrinawati.

"bermanfaat bgt kak tipsnya," papar Instagram @rohmahef.

"Terimakasih mba tipsnya, punyaku blender yg kuning begini," tulis akun Instagram @ruma.belakang.

"Di jemur terik matahari jg bisa kok," komentar akun Instagram @ammah_nurul21.

"Baking soda slalu jd andalan di rumah," kata Instagram @mikapratisha.