Labu siam merupakan salah satu sayuran yang sering diolah jadi berbagai masakan khas Indonesia. Biasanya labu siam dijadikan sebagai campuran sop, lodeh, atau dimasak sendiri jadi aneka tumisan. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang sedikit manis membuat sayuran ini digemari banyak orang.

Namun di balik kelebihannya tersebut, labu siam terkenal sebagai sayuran yang cukup sulit diolah. Bukan tanpa sebab, labu siam memiliki getah melimpah. Nah, getah ini akan membuat labu siam terasa pahit jika tidak langsung dihilangkan. Oleh sebab itu, labu siam harus diolah dengan baik agar getahnya bisa hilang.

Selama ini, salah satu cara menghilangkan getah labu siam yang paling sering dilakukan banyak orang adalah dengan menggosok-gosok sayur tersebut. Jadi, biasanya labu siam yang hendak dimasak akan dibelah jadi dua. Kemudian kedua sisi yang telah dipotong tadi akan digosok-gosok hingga getah putihnya keluar.

Cara ini memang bisa membuat getah pada labu siam keluar dan dibersihkan. Namun biasanya tidak seluruh getahnya benar-benar keluar dan bisa dihilangkan. Oleh sebab itu, ada tahapan lain yang perlu dilakukan.

Beruntungnya, seorang pengguna Instagram @safaralles pernah membagikan trik khusus untuk menghilangkan getah pada labu siam. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku menambahkan satu bahan dapur, yakni garam untuk menghilangkan getah labu siam.

© Instagram/@safaralles

Dilansir BrilioFood pada Rabu (17/7), langkah pertama tentunya siapkan labu siam yang hendak diolah. Setelah itu, cuci bersih dan belah jadi dua bagian. Jika sudah, gosok-gosok labu siam secara memutar hingga getah putihnya keluar.

© Instagram/@safaralles

Nah, labu siam yang sudah digosok ini bisa langsung dibilas lagi hingga getahnya benar-benar luntur. Selanjutnya, kupas dan iris-iris labu siam dengan ukuran sesuai selera. Jika hendak diolah jadi anek tumisan atau isian lodeh, kamu bisa mengirisnya dengan ukuran yang panjang dan tipis.

Jika sudah diiris, pindahkan labu siam ke dalam baskom. Lalu tambahkan 1 sdm garam dan aduk-aduk menggunakan tangan sambil diremas. Lakukan proses ini hingga labu siam mengeluarkan air. Hal ini menandakan bahwa getah yang tersisa benar-benar keluar.

© Instagram/@safaralles

Selain mengeluarkan air, tekstur labu siam juga jadi lebih lembut dibandingkan sebelumnya. Jika sudah begitu, buang sisa airnya dan bilas labu siam di bawah air mengalir. Saat dibilas, jangan lupa remas-remas lagi agar tidak ada sisa getah yang menempel.

© Instagram/@safaralles

Langkah terakhir, buang airnya dan pindahkan labu siam ke saringan. Nah, sembari ditiriskan, bilas lagi labu siam dan remas-remas terus. Setelah diremas sesaat, tiriskan labu siam. Dengan begitu, labu siam siap diolah dengan berbagai macam bumbu.

Dibandingkan hanya digosok-gosok saja, metode ini cenderung lebih ampuh menghilangkan getah labu siam hingga tuntas. Jika sudah bebas getah, labu siam jadi lebih enak dan rasa manis alaminya juga lebih terasa. Dijamin lebih nikmat dan lembut saat disantap.