Brilio.net - Ketika pertama kali memakai cetakan kue lumpur baru, beberapa orang mengalami masalah. Saat dibuka dari kemasan, cetakan ini biasanya dipenuhi dengan serbuk hitam yang menempel di permukaannya. Serbuk hitam ini bisa berasal dari proses produksi, pengemasan, atau bahkan dari bahan logam cetakan itu sendiri.

Membersihkan serbuk hitam dari cetakan kue lumpur baru memerlukan sedikit usaha. Pasalnya, sabun saja tidak cukup melunturkan serbuk hitam yang menempel di permukaan cetakan. Oleh sebab itu, butuh metode lain yang lebih efektif agar cetakan bisa digunakan dengan aman dan higienis.

Beruntungnya, seorang pengguna Instagram @nichaluthfiah pernah membagikan cara mencuci cetakan kue lumpur baru melalui salah satu video yang diunggah. Dia mengaku tidak hanya mencucinya dengan sabun, namun cetakan tersebut juga diolesi minyak dan dipanaskan berulang. Metode ini bisa mengangkat sisa serbuk hitam yang benar-benar menempel.

foto: Instagram/@nichaluthfiah

Dilansir BrilioFood dari Instagram @nichaluthfiah pada Jumat (20/9), hal pertama yang harus dilakukan adalah mencuci cetakan menggunakan spons dan sabun cuci piring. Setelah itu, keringkan terlebih dahulu. Jika ingin lebih cepat, lap menggunakan kain kering atau tisu.

foto: Instagram/@nichaluthfiah

Selanjutnya, panaskan cetakan dengan api sedang. Sembari dipanaskan, oleskan minyak goreng ke cetakan secara merata menggunakan kuas. Nah, minyak ini nantinya akan bercampur dengan serbuk hitam yang masih menempel.

foto: Instagram/@nichaluthfiah

Setelah itu, matikan api kompor. Lalu biarkan sampai minyak menggenang di sisi cekung pada cetakan. Barulah kemudian lap menggunakan tisu untuk mengangkat minyak yang sudah bercampur dengan kotoran.

foto: Instagram/@nichaluthfiah

Jika sudah dilap hingga bersih, panaskan lagi cetakan tersebut sampai berasap. Lalu oleskan minyak lagi secara merata. Setelah itu, lap menggunakan tisu. Lakukan proses ini secara berulang sampai ketika dilap, tisu sudah benar-benar bersih dan tidak ada serbuk hitam lagi.

foto: Instagram/@nichaluthfiah

Selanjutnya, cuci lagi cetakan tersebut dengan sabun cuci piring. Terakhir, keringkan terlebih dahulu. Barulah kemudian cetakan siap digunakan untuk membuat aneka kue atau bahkan martabak telur mini.