Brilio.net - Tingginya intensitas penggunaan wajan untuk memasak seringkali membuat tampilannya jadi hitam karena gosong. Pada dasarnya, wajan yang gosong bisa disebabkan beberapa hal, salah satunya penggunaan api yang terlalu besar. Selain itu, bisa juga karena ada makanan yang terbakar dan menempel di wajan.

Namun perlu diketahui juga bahwa wajan yang cepat gosong bisa disebabkan oleh api kompor. Yup, api kompor yang merah cenderung membuat bagian bawah atau pantat wajan cepat gosong dan menghitam. Jika dibiarkan, hal ini tentu bisa merusak wajan dan bahkan alat masak lainnya.

Banyak orang menganggap api kompor merah ini menandakan bahwa kompor sudah rusak dan tidak layak pakai. Padahal sebenarnya ada trik sederhana yang bisa dilakukan untuk mengubah api kompor merah jadi biru kembali. Trik ini pernah dibagikan oleh pengguna TikTok @putraapibiru.mans melalui salah satu video.

Salah satu penyebabnya bisa berasal dari komponen kompor yang kotor. Dilansir BrilioFood dari TikTok @putraapibiru.mans pada Sabtu (6/7), bagian yang perlu dibersihkan meliputi corong burner kompor. Nah, komponen ini berfungsi mengalirkan gas agar bisa menghasilkan api. Jika ada sumbatan atau kotoran, maka api yang dikeluarkan jadi nggak maksimal.

foto: TikTok/@putraapibiru.mans

Untuk melepas corong burner, kamu harus melepas tungku kompor dan membongkar bagian burnernya terlebih dahulu. Setelah itu lepaskan besi pengait antara corong dan kompor. Barulah kemudian ambil corong burnernya.

foto: TikTok/@putraapibiru.mans

Nah, di pangkal corong terdapat penutup. Kamu bisa melepasnya begitu saja dengan cara ditarik. Setelah itu, bersihkan bagian dalam corong menggunakan sikat gigi bekas. Keluarkan semua kotoran dan debu yang menghambat aliran gas. Dalam video tersebut, dia menunjukkan ada kecoak dan sarang laba-laba yang keluar dari bagian corong burner.

foto: TikTok/@putraapibiru.mans

Lantas jika dirasa sudah bersih, tutup kembali ujung corongnya. Setelah itu, pasang lagi seperti semula. Sesaat sesudah dipasang dan dinyalakan, api kompor yang semula merah menyala jadi biru dan lebih stabil. Dengan begitu, kompor bisa dipakai lagi untuk memasak tanpa khawatir alat dapur jadi gosong.

Unggahan tentang trik mengubah api kompor merah ini telah ditonton lebih dari 175 ribu kali. Melalui kolom komentar, banyak pengguna TikTok lain yang mengaku baru tahu dan terbantu dengan trik tersebut. Alhasil, banyak warganet yang hendak mencoba trik ini secara langsung.

"kukira klo api merah itu tanda gs mau hbs, ternyata ada yg menyumbat saluran gasnya," sahut TikTok @_nayladwiyanti_.

"masha'Allah, terimakasih bang vt nya membantu bgt, panjang umur sehat selalu," papar TikTok @mayla_kafi.

"terimakasih .....nanti TK cbne .nyalane merah seperti api pake kayu," tulis akun TikTok @niparsini.

"Oalah gitu, aku sampe beli kompor baru kemarin," komentar akun TikTok @lespi_yanti.

"komporkupun bgitu pancinya pun pd cemong," kata TikTok @aisyah.sari.

URL: https://www.tiktok.com/@putraapibiru.mans/video/7374598417420504325