Brilio.net - Telur puyuh biasanya disantap jadi aneka lauk untuk sehari-hari. Bahan makanan satu ini kerap dimasak dengan sambal yang gurih pedas, sup, atau campuran tumis sayur yang menggugah selera. Dengan bentuknya yang kecil, telur puyuh juga mudah disantap dan rasanya pun nikmat. Sayangnya, ukurannya yang mini dan kulitnya tipis membuat telur ini lebih rentan terhadap tekanan panas selama proses perebusan.

Jika tidak diatur dengan hati-hati, perubahan suhu yang tiba-tiba dapat menyebabkan cangkang telur retak. Hal tersebut mengakibatkan isi telur bocor, sehingga nutrisi yang terkandung di dalamnya bisa berkurang. Masalah ini sering menjadi tantangan bagi siapapun yang ingin menikmati telur puyuh dengan tekstur yang sempurna tanpa kehilangan rasa dan manfaat gizinya.

Jika kamu sering mengalami masalah seperti itu, tak perlu khawatir, karena ada sebuah trik yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Seperti yang pernah dibagikan oleh pengguna Instagram @ummubalqishaura melalui salah satu video unggahannya. Dalam videonya, pemilik akun mengaku trik khusus saat merebus telur puyuh ini hasilnya jadi lebih mulus dan tak retak.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @ummubalqishaura pada Jumat (16/8), ada satu bahan dapur yang digunakan sebagai tambahan saat merebus telur puyuh, yakni cuka. Nah, cuka ini tak hanya bikin telur puyuh tak pecah, namun juga cangkangnya mudah dikupas setelah direbus.

foto: Instagram/@ummubalqishaura

Cara pakainya, cukup masukkan telur puyuh ke dalam panci berisi air, kemudian tambahkan 2 sdm cuka ke dalamnya. Jika sudah, rebus telur seperti biasa sampai benar-benar matang. Menurut pengguna Instagram @ummubalqishaura, penambahan cuka ini memiliki beberapa fungsi.

Pertama untuk mempercepat koagulasi atau pengerasan putih telur. Saat ada retakan kecil pada cangkang, cuka ini akan membuat putih telur mengeras dengan cepat. Hal ini mencegah putih telur bocor keluar, sehingga telur puyuh akan tetap utuh.

foto: Instagram/@ummubalqishaura

Selain itu, cuka juga bisa mempermudah pengupasan karena bahan dapur satu ini dapat melembutkan membran antara cangkang dan putih telur. Nah, saat membrannya lebih lembut, maka cangkang telur akan mudah dikupas. Dengan begitu, hasil telur puyuh yang sudah direbus jadi lebih mulus.

Sejak diunggah pada 19 Juli lalu, video tentang trik rebus telur puyuh ini telah ditonton lebih dari 2 juta kali. Nggak heran jika kemudian unggahan tersebut menuai banjir komentar dari warganet. Sebagian besar pengguna Instagram ini mengaku tertarik untuk langsung mencoba trik tersebut.

"Makasih tipsnya mba," sahut Instagram @rumahummuayri.

"Langsung eksekusi," papar Instagram @zafranaina.

"Siap kpn” pakai cuka biar ga pecah telur nya maaci sharing nya," komentar akun Instagram @rumahtehtia.