Brilio.net - Durian, dikenal sebagai "raja buah" yang sangat populer di Asia Tenggara. Aroma khasnya kuat, menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggemar durian. Selain itu, tekstur buahnya yang lembut dan rasa manisnya unik juga bikin penggemarnya selalu ketagihan saat mengonsumsi durian.

Dilihat dari luar, kulit buahnya yang berduri juga bisa menarik perhatian. Hal inilah yang menjadi ciri khas, sehingga buah tersebut disebut 'durian'. Tapi bagaimana jadinya jika durian memiliki kulit yang mulus tanpa duri?

Baru-baru ini, sebuah video viral di TikTok menunjukkan penampakan durian unik yang gundul tanpa duri. Video yang diunggah oleh akun TikTok @karn_zz ini menampilkan bentuk durian yang justru mirip dengan buah sukun karena memiliki kulit mulus.

Dalam video berdurasi 37 detik itu, tampak seorang lelaki mencoba membelah durian gundul tersebut. Tidak seperti membelah durian biasa yang butuh tenaga dan teknik khusus, dia hanya memotong bagian tengah buahnya menggunakan pisau. Selain itu, pria tersebut juga tidak menggunakan sarung tangan karena tak ada duri yang membahayakan.

foto: TikTok/@karn_zz

Dilansir BrilioFood dari TikTok @karn_zz pada Kamis (25/7), durian yang sudah dibelah lantas diambil satu sisinya. Setelah itu, pria tersebut memotong kedua ujung samping dan bagian atas kulit durian. Sesaat setelahnya, dia pun membelah kulit luar durian untuk mengeluarkan isinya.

foto: TikTok/@karn_zz

Saat kulitnya dibuka, barulah terlihat isi atau daging buah durian. Siapa sangka, isi buah durian gundul ini tampak begitu menggugah selera. Dagingnya yang berwarna kuning keemasan tampak begitu empuk dan tebal. Persis seperti durian berkualitas tinggi. Hal ini sontak bikin siapa pun tersenyum puas setelah melihat isinya, meskipun kulit duriannya cenderung aneh.

foto: TikTok/@karn_zz

Usut punya usut, durian tersebut ditemukan di Thailand. Namun di Indonesia, tepatnya di Lombok, NTB juga terdapat durian jenis tersebut. Tanaman dari durian jenis ini biasanya sudah mengalami mutasi bentuk oleh alam sehingga duri-duri di sekujur kulitnya jadi hilang. Namun ada juga yang melakukan pemangkasan duri sejak buahnya masih kecil dan durinya cenderung lunak, sehingga mudah dipotong.

"ya di lombok ada jenis durian gundul," kata akun TikTok @amord7763.

foto: TikTok/@karn_zz

Namun siapa sangka, unggahan berdurasi 37 detik ini sontak membuat heboh warganet. Hal ini terbukti dari penonton video tersebut yang mencapai 39 juta kali. Banyak pengguna TikTok lain yang memberikan berbagai tanggapan di kolom komentar.

"kalau ada durinya, nama nya durian. kalau ga ada duri nya, itu nama nya GUNDULAN," papar @shiin.

"ku kira buah sukun," tulis akun TikTok @axly_andr_st.

"seumur hidup baru liat," komentar akun TikTok @poping89.

"pas liat isinya , menganga mulutku seketika," sahut TikTok @sipalingpalingbambu.

"motong durian kaya motong strawberry," kata TikTok @gyu_kyu.