Brilio.net - Dapur selalu didesain dengan beberapa komponen, seperti kabinet, area kompor, dan wastafel untuk cuci piring. Nah, wastafel ini jadi area penting untuk memudahkanmu saat hendak mencuci berbagai macam alat dapur atau peralatan makan yang kotor. Dengan fungsi tersebut, nggak heran jika kemudian wastafel didesain dengan kran dan bagian cekung untuk menampung air supaya tidak membasahi area dapur lain.

Dewasa ini, banyak wastafel yang dirancang dengan lebih modern. Misalnya saja ada wastafel yang memiliki beberapa jenis pemancar air. Bukan hanya dari krannya saja, namun bagian lain bisa memancarkan air agar mempermudah proses pencucian alat dapur.

Tapi pernah nggak sih, kamu mendapati tempat cuci piring yang didesain tanpa kran. Yup, hal ini bisa ditemui di dapur milik pengguna akun TikTok @hani.dhara. Wanita tersebut memiliki dapur cukup unik karena hanya memiliki counter table yang menempel di dinding. Counter table adalah bagian permukaan yang terletak di atas kabinet bawah pada kitchen set.

Dilansir BrilioFood dari TikTok @hani.dhara pada Rabu (16/10), counter table ini memiliki sebuah cekungan di sisi depannya. Nah, cekungan tersebut berbentuk panjang seperti sungai kecil. Lantas terdapat air yang mengisi cekungan di counter table itu.

Usut punya usut, cekungan yang berbentuk seperti aliran sungai ini digunakan sebagai tempat cuci piring. Dalam salah satu video yang diunggah, wanita pemilik akun TikTok @hani.dhara bahkan menunjukkan proses cuci piring yang dilakukan di area tersebut.

foto: TikTok/@hani.dhara

Mulanya, dia meletakkan tumpukan piring kotor di dalam baskom besar. Lalu ia menyiram piring kotor tadi dengan air yang diambil dari cekungan tersebut. Setelah itu wanita bernama Hani ini menggosok satu per satu piring atau alat dapur kotor menggunakan spons yang sudah diberi sabun cuci piring.

foto: TikTok/@hani.dhara

Nah, untuk proses bilasnya, warganet ini hanya mencelupkan satu per satu alat dapur ke dalam air tersebut. Sambil dicelupkan, dia menyiram semua alat dapur tersebut menggunakan air di counter table hingga busanya hilang. Lantas alat dapur yang sudah bersih langsung dimasukkan lagi ke dalam baskom yang juga telah dibilas sebelumnya.

foto: TikTok/@hani.dhara

Usut punya usut, Hani selalu menggunakan air tersebut untuk cuci piring. Dia bahkan melakukan aktivitas memasak di area tersebut, sehingga air di cekungan ini dipakai juga untuk mencuci bahan makanan lain. Walaupun begitu, airnya tampak tetap bening, lho. Hal tersebut disebabkan karena airnya selalu mengalir, sehingga tetap higienis.

Dalam unggahan tersebut, wanita ini juga menunjukkan saluran pembuangan air dari aliran tersebut. Jadi bagian bawah counter tablenya terdapat pipa yang berguna untuk membuang air tersebut. Oleh sebab itu, air yang dipakai selalu baru, bersih, dan bening.