Brilio.net - Dapur tradisional dengan atap seng merupakan pemandangan yang umum ditemui, khususnya di desa. Kehadiran dapur semacam ini memberikan nuansa klasik dan sederhana. Atap seng dipilih karena materialnya yang terjangkau dan mudah dipasang, serta mampu memberikan perlindungan yang memadai dari hujan dan panas matahari.

Namun biasanya, dapur yang memiliki atap seng ini kerap dianggap kurang rapi karena sangat terbuka. Tentu suasananya juga sangat berbeda dengan dapur modern yang memiliki plafon dan didesain dengan banyak kitchen set. Dapur beratap seng biasanya tidak memiliki kitchen set, sehingga semua perabot dapur akan terlihat mata.

Sayangnya, hal tersebut tidak berlaku di dapur milik wanita bernama Evi. Dalam unggahannya di akun TikTok @eviyuliana243, dia menunjukkan dapur di rumahnya yang beratapkan seng, namun tampak begitu rapi. Meski tanpa kitchen set, semua peralatan dapur, bahan makanan, hingga bumbu dapur ditata sedemikian rupa di rak kayu yang menempel dinding.

foto: TikTok/@eviyuliana243

Dilansir BrilioFood dari TikTok @eviyuliana243 pada Jumat (18/10), tampilan dapur ini tampak begitu mirip dengan dapur ala warkop yang memiliki rak kayu terbuka. Bahkan tidak hanya satu, ada beberapa rak dengan ukuran yang berbeda di setiap sisi dapurnya. Nah, rak-rak ini diisi dipisahkan sesuai jenis stok makanan atau bumbu dapurnya.

Lebih jelasnya, Evi bahkan pernah membagikan cara menata isi rak dapur tersebut. Untuk stok minyak goreng, dia meletakkannya di rak bagian atas yang memiliki ukuran paling lebar. Sementara itu, di rak bawang yang paling jauh dari kompor, dia meletakkan mi instan yang bisa dimasak sewaktu-waktu.

foto: TikTok/@eviyuliana243

Nah, di rak bagian atas (sejajar dengan rak mi), terdapat stok sembako lain, seperti gula pasir, garam, dan tepung. Ada juga bumbu-bumbu instan yang diletakkan di bagian rak yang memiliki kolom paling kecil. Bahkan ada juga minuman sachet yang diletakkan khusus di rak yang berada di atas meja.

foto: TikTok/@eviyuliana243

Di sisi lain, bumbu dapur yang siap digunakan diletakkan dalam toples kecil yang ditata di rak bagian atas kompor. Ada juga rak piring dan gelas yang disusun di samping kompor. Penataannya yang begitu rapi membuat dapur terlihat estetik meski tanpa kitchen set. Nggak heran jika dapurnya mirip warkop, isiannya pun cukup lengkap.

foto: TikTok/@eviyuliana243

Video tentang dapur beratap seng ini sontak viral di TikTok dan telah ditonton lebih dari 24 juta kali. Siapa sangka, banyak warganet yang salah fokus dengan penampakan dapur tersebut. Di sisi lain, ada juga pengguna TikTok yang mengaku takjub dengan penataan dapur dan bahan makanan yang begitu rapi.

Aku kira dia tukang warmindo ternyata dia masak di rumah dengan dapur yg se estetik itu," kata TikTok @dewiayumulyanisoeryono..

Ini bukti ya gaes, mau rumah sesederhana gimana pun, kalau bersih dan rapi bakalan tetep cantik, suka banget liatnya," papar TikTok @elfia.yunengsy.

Dapur sederhana klo penataannya rapi dan selalu bersih jadinya keren bngtttt," sahut TikTok @trien17.

Dapur tdk perlu modern yg penting rapi bersih dan komplit tentunya,semua tertata rapi keren bun," tulis akun TikTok @rizkyadhang.