Untuk mencucinya, ia tak memakai detergen dan memilih untuk memanfaatkan satu bahan dapur yang mudah ditemui di rumah. Dilansir BrilioFood pada Senin (8/1), ia diketahui memakai sabun cuci piring sebagai campuran pembersih. Selain itu, ia juga menambahkan cairan pemutih untuk merendam lap handuk.

foto: YouTube/EK TV Chanel

Pertama-tama, siapkan air panas secukupnya di dalam wadah gayung. Setelah itu, tuangkan 2,5 tutup botol cairan pemutih ke dalam air dan tambahkan sabun cuci piring secukupnya. Aduk kedua bahan tersebut sampai tercampur merata.

Sabun cuci piring digunakan karena memiliki kandungan texaphon yang dapat membantu menghilangkan lemak atau kotoran di permukaan benda. Sementara cairan pemutih juga diketahui memiliki kandungan natrium hipoklorit yang ampuh untuk membunuh bakteri dan jamur sehingga lap handuk bisa terlihat putih lagi.

foto: YouTube/EK TV Chanel

"Kalau untuk menghilangkan noda yang membandel, biasanya saya tes dulu, lalu saya langsung oleskan ke nodanya. Sedangkan untuk noda seperti ini langsung direndam saja dan didiamkan 10 menit," ujar pengguna YouTube.

Proses perendaman tersebut bertujuan untuk membuat cairan pembersih lebih menyerap ke dalam serat kain dan dapat mengangkat noda membandel dengan maksimal. Setelah direndam selama sekitar 10 menit, warna lap handuk tersebut mulai terlihat cerah namun masih ada sedikit noda yang menempel.

foto: YouTube/EK TV Chanel

Dengan cara ini, kamu juga tak perlu repot menyikat lap handuk karena hanya dikucek dengan tangan saja sudah tampak bersih. Setelah dirasa cukup bersih, bilas lap handuk yang sudah dicuci dengan air mengalir sampai bersih.

"Nodanya masih sedikit dekil, harus dikucek. Cuma untuk warnanya aman (nggak luntur). Jadi nggak perlu disikat kalau sudah pakai pemutih, dia pasti kinclong kalau sudah kering," pungkasnya.

Hasilnya, setelah dikeringkan dan dijemur, lap handuk yang awalnya terlihat dekil dan buluk kini kembali putih dan bersih seperti baru lagi. Kamu juga tak perlu capek menyikat karena proses mencucinya terbilang singkat dan tak memakan waktu lama.

Trik yang dibagikan oleh pengguna YouTube tersebut pun diketahui telah ditonton sebanyak 481 ribu kali dan banyak mendapatkan komentar warganet. Tak sedikit yang ingin mencoba mencuci lap handuk di rumahnya dengan cara tersebut.

"Wah simpel banget," komentar @suryanola77.

"Cuss bang langsung eksekusi..makasih banyakkk," kata @ameliaamnur1947.

"Terima kasih infonya nanti saya akan coba," tulis @sinthiahalim848.

"Wow kinclong nih. Makasih tipsnya bang," kata @cintasejati3657.

"Keren bgt bang. Saya harus coba ini," kata @tjelina6975.