Mengetahui hal itu, ia mengaku punya racikan cairan pembersih khusus untuk mencuci kain pelnya. Ia mencampurkan cairan pemutih dan 1/2 bungkus sitrun ke dalam ember berisi air hangat. Sebelum diaduk, ia juga menambahkan satu bahan dapur, yakni sabun cuci piring sebagai campuran cairan pembersihnya.

“Kenapa harus pakai air hangat? Ini biar cepet keangkat noda kotornya di kain pelnya,” ungkap pemilik video.

foto: Youtube/Adelia Fitri

Aduk-aduk sampai ketiga bahan tercampur sempurna. Kalau sudah, masukkan kain pel ke dalam larutan pembersih yang sudah dibuat. Lalu diamkan kain pel terendam selama satu jam agar larutan pembersih bisa bekerja maksimal.

foto: Youtube/Adelia Fitri

Setelah direndam selama satu jam, tiriskan kain pel. Gosok-gosok pakai sikat sampai seluruh kotoran hilang tak tersisa. Agar bersih maksimal, ia juga menambahkan sabun colek untuk menggosok kain pel.

“Gosok-gosok sampai bersih dan cerah lagi, aku maunya sampai putih seperti baru lagi,” ucapnya.

foto: Youtube/Adelia Fitri

Jika dirasa sudah bersih, kain pel bisa dibilas pakai air biasa. Agar busanya hilang sempurna, kain pel bisa dibilas sebanyak dua sampai tiga kali. Setelah itu, jemur kain pel di bawah sinar matahari agar kering sempurna. Kalau sudah kering, tampilan pel pun tampak terlihat jelas. Warnanya kembali putih dan bersih seperti baru, kan?

foto: Youtube/Adelia Fitri