Dilansir BrilioFood dari YouTube TERA TEKNIK pada Jumat (4/8), bahan yang digunakan adalah sitrun (citric acid) dan sabun cuci piring. Campur kedua bahan ini di dalam satu wadah atau mangkuk. Lalu larutkan dengan sedikit air.


foto: YouTube/TERA TEKNIK

Jika sudah, oleskan campuran sitrun dan sabun ke bodi kompor gas. Tak perlu sambil disikat. Cukup oleskan cairannya sedikit demi sedikit sampai seluruh permukaan kompor yang berkerak tertutupi sempurna. Lalu diamkan 20 menit.

foto: YouTube/TERA TEKNIK

Selanjutnya beralih ke tahap penggosokan. Sebelum siap digosok, siapkan dulu mangkuk berisi sabun cuci piring dan air. Lalu oleskan sabun ke permukaan kompor sambil digosok-gosok. Gosok ke seluruh bagian kompor yang berkerak dan berkarat.

foto: YouTube/TERA TEKNIK


Tanpa menunggu lama, kerak dan karat di bodi kompor bisa langsung terangkat dalam sekali sikat, lho. Tapi jika ada kerak atau karat yang membandel, gosok dengan lebih kuat. Saat menggosok, sebaiknya jangan menggunakan sikat atau alata berbahan besi. Karena hal tersebut justru akan membuat permukaan kompor jadi lecet dan lapisannya tergores.

"Jangan pake logam, besi, obeng, atau gunting. Pakai tangan aja atau kuas, ini kan lembut nggak seperti besi," ujar YouTube TERA TEKNIK.


foto: YouTube/TERA TEKNIK


Setelah digosok beberapa saat, siram dengan air bersih. Lalu lap menggunakan kain kering. Nah, kompor gas yang semula kotor, penuh kerak, dan karat ini jadi lebih kinclong. Bahkan tampilannya pun seperti kompor gas baru.

Sejak diunggah pada Juli lalu, video ini sudah ditonton lebih dari 4.000 kali. Siapa sangka, banyak pengguna YouTube lain yang tertarik dan ikut memberikan tanggapan langsung di kolom komentar. Sebagian besar mereka mengaku berterima kasih karena telah mendapat ilmu baru yang bermanfaat.

"Alhamdulillah,,, mksh,, ilmu nya,,, sobat,,,, jazakumulloh khoiron," papar YouTube @alifawijaya9107.

"Tutorial yang sangat bermanfaat,, terimakasih pak akan saya praktekan di dapurku," sahut YouTube @BahEmpong-hm6lc.

"Sangat luar biasa sahabat ku ., tutorial nya langsung saya praktekan, saya tunggu penemuan baru nya, semangat sahabatku, semoga sehat selalu keluarga  sahabat ku," kata YouTube @ekosulistiyo2997.