Jika bingung, kamu bisa menyontek bahan yang dipakai oleh pengguna YouTube bernama Naoki Hamizan. Dalam salah satu video yang diunggah, dia mengaku menggunakan 2 bahan sederhana untuk membersihkan wastafel yang kotor dan berkerak. Karena sudah berminggu-minggu tidak dibersihkan, keraknya pun semakin menebal dan sulit dibersihkan.

Untuk membersihkan wastafel cuci piring tersebut, dia pun menggunakan sabun cuci piring dan sitrun (citric acid). Caranya, tuang setengah bungkus sitrun (kemasan kecil) ke dalam wadah. Lalu tambahkan sabun cuci piring secukupnya. Selanjutnya, larutkan dengan air.

foto: YouTube/Naoki Hamizan

"Bisa pakai air keran atau air panas. Kalau mau lebih ampuhnya, sebenarnya gunakan air panas biar racikannya cepat larut dan mengangkat kerak membandel," ujar Naoki Hamizan dikutip BrilioFood pada Selasa (20/6).

Selanjutnya, oleskan bahan tadi ke area wastafel. Kamu bisa menggunakan kuas atau sikat gigi bekas. Jika sudah, diamkan dulu selama 15 menit agar cairan pembersihnya bisa meresap ke dalam kerak.

foto: YouTube/Naoki Hamizan

Setelah didiamkan selama 15 menit, tuang sabun cuci piring ke area wastafel. Barulah kemudian gosok wastafelnya dengan sikat. Gosok terus sampai noda hitam dan keraknya mulai luruh.

foto: YouTube/Naoki Hamizan

Terakhir, bilas dengan air bersih. Pastikan sisa air dan cairan pembersihnya sudah hilang. Nah, wastafel inipun sudah kembali bersih seperti baru. Kamu bisa menggunakannya kembali untuk berbagai keperluan dapur.

foto: YouTube/Naoki Hamizan

Dalam video tersebut, Naoki juga menekankan untuk tidak membersihkan wastafel menggunakan cairan pembersih kamar mandi. Menurutnya, cairan pembersih tersebut justru bisa merusak lapisan wastafel yang terbuat dari alumunium. Berdasarkan pengalamannya, cairan pembersih kamar mandi justru bisa meninggalkan noda hitam di permukaan wastafel.

"Dari pengalaman yang sok tahu, mau ngebersihin karat, berujung sink wastafel hancur. Ada bekas noda dan muncul kehitaman di sink," jelasnya lebih lanjut.

Sejak diunggah pada Maret 2023 lalu, video tersebut sudah ditonton lebih dari seribu kali. Nggak heran jika kemudian banyak warganet yang memberikan tanggapan langsung melalui kolom komentar.

"Cara membersihkan sink hitam, berkerak dan karat dengan mudah dan hemat,, tutorial yang menginspirasi para emak-emak nih, bunda," ungkap YouTube Sakti Utami.

"Hay Bund .. aq juga tim pake sitrun. Malah rutin beli sitrun kiloan by toko oren Krn kalau beli kecil² jatuhnya lebih mahal Bund ..
Sink dan rak piringnya jadi kinclong banget Bund... Mashaallah," kata YouTube Hominasa.

"woowww keren sekali nih sobat.. semuanya jadi bersih mengkilat seperti baru.. terimakasih sudah berbagi info dan tutorial cara membersihkannya, sangat bermanfaat sekali.. sukses terus channelnya dan salam kenal sobatku," sahut YouTube Boom Dapoer.

"Terima kasih tipsnya ya Kak..bisa langsung aku praktekin nih drmh...bnr bngt kitchen sink harus slalu bersih ya Kak...krn selalu kita gunakan stiap harinya," tutur YouTube Rumah Maryam Kurma.