Dalam video tersebut, pengguna YouTube BALI ISLAND ORGANIC FARM TV mengaku menggunakan bawang merah. Lebih jelasnya, bawang merah yang dipakai untuk menyuburkan tanaman cabai ini harus berkualitas baik. Permukaan kulitnya mulus dan tidak ada tanda pembusukan seperti jamur.

foto: YouTube/BALI ISLAND ORGANIC FARM TV

Jika sudah, kupas kulitnya dan cuci sampai bersih. Saat hendak memegang bawang merah, pastikan tangan juga dalam kondisi bersih dan steril, ya. Setelah itu, tekan-tekan bawang merahnya menggunakan jari tangan sampai jari terasa basah.

foto: YouTube/BALI ISLAND ORGANIC FARM TV

Nah, gunakan jari tangan yang sudah terlumuri air bawang ini untuk memetik semua daun tanaman cabai yang keriting dan rusak. Jika ada daun yang masih segar, kamu tak perlu memetiknya. Setelah dipetik, lapisan bawang merah yang terkena batang tanaman akan merangsang pertumbuhan daun baru yang lebih sehat.

foto: YouTube/BALI ISLAND ORGANIC FARM TV

Daun yang lebih sehat cenderung bisa berfotosintesis dengan maksimal. Dengan begitu, akar juga semakin kuat dan bisa menyerap nutrisi yang dapat menumbuhkan buah. Biasanya hasil buahnya juga cenderung lebat dan besar.

Unggahan tentang trik merawat tanaman cabai ini sudah ditonton hampir 600 ribu kali. Menilik kolom komentar, banyak warganet yang mengaku berterima kasih karena mendapat ilmu baru yang berterima kasih. Di sisi lain, tidak sedikit juga yang memberikan tanggapan lain.

"Bang Bli, saya sudah terapkan metode ini di tanaman cabe saya, dan benar berhasil. terima kasih banyak atas sharing ini. terima kasih sekali lagi, dan sukses selalu," sahut YouTube @waty861.

"kebetulan pas bnget ini cabainya sama daunnya keriting dan kurang sehat bedanya saya petik daunnya tanpa memakai bawang...tapi tumbuh tunas baru mudah2an daunnya bisa tumbuh sehat seperti yg diterapkan dalam video ini.
Makasih," kata YouTube @shandy7924.

"Masukan yang bermanfaat sekali bagi saya yang pemula bang bli," tutur YouTube @kebunhalaman.