Brilio.net - Daun kelor merupakan salah satu tumbuhan yang sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan karena kandungan gizinya sangat tinggi. Daun kelor kaya akan vitamin A, vitamin C, kalsium, kalium, dan protein, sehingga dianggap sebagai 'superfood' yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Di berbagai daerah, daun kelor diolah menjadi aneka jenis masakan seperti sayur bening.

Dalam kehidupan sehari-hari, daun kelor mudah ditemukan dan diolah. Banyak orang menanam pohon kelor di pekarangan rumah sebagai sumber makanan yang murah dan bergizi tinggi. Nggak heran jika kemudian sebagian besar orang memilih mengonsumsi sayuran satu ini.

Namun ada satu hal yang kerap dikeluhkan banyak orang saat hendak mengolah daun kelor, yakni pada proses memetiknya. Daun kelor yang hendak dimasak harus dipetik dulu dari batangnya karena bagian batang cenderung keras dan tidak bisa dikonsumsi. Mengingat ukuran daun yang kecil dan banyak dalam satu batang, proses ini cenderung membutuhkan waktu dan bisa bikin tangan pegal.

Untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa meniru trik sederhana yang dibagikan oleh pengguna Instagram @melo_tukang_sampah_berdasi. Melalui salah satu video yang diunggah, warganet tersebut mengaku memiliki trik untuk memetik daun kelor dengan lebih cepat, mudah, dan nggak bikin tangan pegal. Usut punya usut, dia mengandalkan satu alat dapur.

foto: Instagram/@melo_tukang_sampah_berdasi

Dilansir BrilioFood dari Instagram @melo_tukang_sampah_berdasi pada Minggu (13/10), alat dapur yang dimaksud adalah saringan. Lebih tepatnya, dia menggunakan saringan stainless yang memiliki lubang kecil. Nah, lubang-lubang inilah yang bisa mempercepat proses pemetikan daun kelor.

foto: Instagram/@melo_tukang_sampah_berdasi

Cukup ambil satu batang kecil daun kelor. Lalu masukkan ke lubang saringan tersebut dari bagian atas. Jika sudah, langsung tarik ujung batang daun kelor dari arah bawah saringan.

foto: Instagram/@melo_tukang_sampah_berdasi

Di tahap ini, daun kelor yang menempel di batang akan tersangkut saat mengenai lubang saringan. Alhasil, daun kelor tersebut terpetik dan lepas. Nah, hasil petikan daun kelor juga akan langsung tertampung di bagian saringan yang cekung.

Gimana, cukup mudah, bukan? Kamu bisa mengulangi proses tadi sampai seluruh daun kelor sudah terpetik habis. Dengan begitu, kamu bisa menghemat waktu dan tangan juga nggak pegal. Nah, daun kelor ini lantas bisa langsung dimasak.

Sejak diunggah pada 2 Oktober lalu, video tentang trik cepat petik daun kelor ini telah ditonton lebih dari 4 juta kali. Nggak heran jika kemudian ada banyak warganet yang turut memberikan tanggapan langsung di kolom komentar. Sebagian besar pengguna Instagram ini mengaku trik tersebut sangat bermanfaat untuk ditiru.

"Boleh dicoba ni bun, sampe ngantuk kalo nyiang sayur ini," sahut Instagram @mwulan25.

"iya jg y...Dau kelor itu tangkainya keras walau daunnya masih muda," papar Instagram @ginnygatot.

"Informasi yg bermanfaat," kata Instagram @ircly_09.

"Otw petik daun kelor besok mau masak tp males mau mentikin tiap lembar bener bener menginspirasi," tulis akun Instagram @endang_wahono.

"makasi, bisa dicoba, dan semoga bermanfaat," komentar akun Instagram @eknoviynti_06.