Nah, untuk bahan pembersih yang digunakan adalah pasta gigi. Cara pakainya pun cukup mudah. Pertama-tama, celupkan spons ke dalam air. Lalu gunakan spons basah ini untuk mengusap permukaan helm secara merata.

foto: YouTube/ADLI AJAH

Jika sudah, tuang sedikit pasta gigi ke permukaan spons tadi. Setelah itu, gosokkan sponsnya ke seluruh bagian helm yang kusam dan penuh baret. Sesaat setelah digosok menggunakan spons dan pasta gigi, noda kusam dan baret di helm langsung hilang, lho.

"Langsung hilang (nodanya), guys. Ini kalau dibersihkan dengan air sabun biasa nggak akan bisa," ujar YouTube ADLI AJAH.

foto: YouTube/ADLI AJAH

Jika ada noda atau baret hitam yang membandel, kamu bisa menggosoknya dengan tekanan lebih. Lantas jika sudah dirasa bersih, bilas helm dengan cara disemprot menggunakan air. Hal ini akan meminimalisir adanya air yang masih ke bagian dalam helm.

Nah, setelah disemprot dengan air, helm akan jadi lebih mengilap dan bersih. Selanjutnya, lap helm menggunakan kain kering. Untuk hasil maksimal, jemur lagi helm sampai benar-benar kering. Dengan begitu, helm bisa digunakan kembali.


foto: YouTube/ADLI AJAH

Ditonton lebih dari 10 ribu kali, video tentang trik bersihkan helm kusam ini mendapat banjir komentar warganet. Banyak pengguna YouTube lain mengaku takjub dengan hasil helm yang bersih dan kinclong. Bahkan beberapa di antaranya juga sudah berhasil mempraktikkan trik tersebut secara langsung.

"Wah keren hasilnya kawan... Bisa bersih banget kinclong... Thanks tips²nya kawan sangat bermanfaat banget nih," sahut YouTube @wali_mtvlog.

"Alhamdulillah, langsung saya praktek. Memuaskan.
Makasih mas infonya yg sangat berguna ini," papar YouTube @user-uk9hp3hs8p.

"Keren. Udah gue coba makasih bnyk sobat," kata YouTube @user-yk3ic4fh7r.

"Makasih bang punya ku langsung kinclong lagi," ungkap YouTube @arfigobrilianr.8084.

"Terimakasih mas Alhamdulillah bisa," tutur YouTube @RafielGhani.


Cara merawat helm agar tidak mudah lecet.

Merawat helm secara rutin dapat membantu mempertahankan keindahannya dan mencegahnya dari kerusakan, termasuk lecet. Berikut adalah beberapa cara merawat helm agar tidak mudah lecet:

1. Hindari goresan.

Jagalah helm kamu agar tidak terkena goresan dengan menyimpannya di tempat yang aman dan terlindungi saat tidak digunakan.

2. Gunakan penutup helm.

Gunakan penutup helm saat parkir di luar ruangan untuk melindunginya dari sinar matahari langsung dan debu yang bisa menyebabkan lecet.

3. Bersihkan dengan lembut.

Gunakan kain lembut dan air bersih untuk membersihkan helm secara teratur. Hindari menggunakan bahan kasar yang dapat merusak permukaan helm.

4. Gunakan cairan pembersih khusus.

Jika diperlukan, gunakan cairan pembersih khusus untuk helm untuk membersihkan noda atau kotoran yang sulit dihilangkan.

5. Jangan gunakan bahan kimia yang kuat.

Hindari menggunakan bahan pembersih yang mengandung bahan kimia yang keras, seperti asam atau pelarut, yang dapat merusak lapisan pelindung helm.

6. Simpan di tempat yang tepat.

Simpan helm di tempat yang kering dan terlindungi dari paparan sinar matahari langsung atau panas berlebih.

7. Periksa dan ganti bantalan.

Rutin periksa bantalan dalam helm dan ganti jika sudah aus atau rusak untuk menjaga kenyamanan dan keamanan kamu.

8. Hindari pemakaian yang kasar.

Hindari menaruh helm di tempat yang kasar atau menimbulkan gesekan yang berlebihan, seperti di atas meja yang kasar atau di bagian belakang sepeda motor.

9. Lakukan perawatan secara rutin.

Lakukan perawatan rutin seperti membersihkan dan memeriksa kondisi helm secara berkala untuk mencegah kerusakan yang lebih serius.