Trik merebus bunga pepaya agar tak pahit.

Pertama, cuci bunga pepaya sampai benar-benar bersih. Setelah itu, siapkan panci dan rebus air sampai mendidih. Setelah air mendidih, masukkan bunga pepaya yang sudah dicuci bersih. Aduk sebentar agar bunga pepaya.

foto: YouTube/Heru Sutrisno Channel

"Airnya harus mendidih ya. Jangan dimasukkan kalau airnya belum mendidih karena nanti saat matang warnanya jadi kekuningan," ujarnya, dikutip BrilioFood dari YouTube Heru Sutrisno Channel pada Minggu (3/3).

foto: YouTube/Heru Sutrisno Channel

Setelah itu, barulah pengguna YouTube tersebut menambahkan dua bahan masak yang menjadi kunci utama, yaitu garam dan asam jawa. Ia menambahkan 1/2 sdm garam dan satu bungkus asam jawa.

"Ini sangat ampuh untuk menghilangkan pahit. Saya aduk supaya asam Jawa-nya hancur," tambahnya.

foto: YouTube/Heru Sutrisno Channel

Sesudah diaduk, tutup panci dan rebus bunga pepaya selama sekitar 5 menit. Kemudian buka tutupnya dan balik serta aduk bunga pepaya agar matangnya merata. Pengguna YouTube tersebut kembali menutup panci dan merebus bunga pepaya selama 5 menit. Kalau sudah, buka tutup panci. Bunga pepaya pun matang sempurna.

"Saya aduk-aduk sebentar, setelah itu matikan api kompor dan dibilas dengan air bersih sebanyak 3 kali. Ini biji asam Jawanya saya buang terlebih dahulu," ungkapnya.

foto: YouTube/Heru Sutrisno Channel

Usai dicuci sampai bersih, rasa pahit bunga pepaya pun hilang. Selain itu, warnanya juga masih hijau segar. Bunga pepaya pun siap diolah dengan bumbu dan bahan makanan lain.

"Hasilnya pahitnya hilang dan warnanya tetap hijau," pungkasnya.