Dilansir BrilioFood dari YouTube ORGANIC NATURE pada Kamis (14/12), buah yang dimaksud adalah pisang. Nggak asal, buah pisang yang dipakai harus dalam kondisi sangat matang bahkan hampir membusuk. Daripada dibuang percuma, pisang sekaligus kulitnya bisa dihaluskan lalu dimasukkan ke dalam wadah.

Tambahkan air sampai merendam seluruh pisang, aduk-aduk. Jika sudah, tutup wadah rapat-rapat lalu diamkan selama 3 minggu.

"Proses fermentasi ini biar racikan pupuk organik siap untuk dipakai," jelas pemilik video.

foto: YouTube/ORGANIC NATURE

Dilansir dari laman hindawi.com, pisang sekaligus kulitnya mengandung nutrisi kalium yang tinggi. Kandungan inilah yang berfungsi untuk mengatur pengisian buah dan umbi pada tanaman. Semakin tinggi kandungan kaliumnya, hasil buahnya pun akan lebih maksimal.

Nah, cara pengaplikasiannya, larutkan pupuk cairan ini ke dalam air biasa. Untuk takarannya, ia menggunakan perbandingan 1:10.

"Ini aku pakai 5 liter air dan pupuknya cuma 1/2 liter aja, diaduk merata," ungkapnya.

foto: YouTube/ORGANIC NATURE

Jika sudah tercampur sempurna, larutan pupuk bisa langsung diaplikasikan ke pohon jeruk purut. Tinggal siram larutan pupuk sebanyak 1 gayung ke setiap pohon jeruk purut.

"Kalau rutin, ini buahnya dijamin nggak gugur dan hasil buahnya lebih besar dan banyak," ucapnya.

foto: YouTube/ORGANIC NATURE

Video milik YouTube ORGANIC NATURE ini langsung menyita perhatian warganet. Semenjak diunggah pada, video ini ditonton sebanyak dan disukai oleh akun YouTube lainnya. Bahkan ada beberapa warganet yang konsultasi langsung di kolom komentar.

"Diaplikasikannya HANYA pada saat berbuah, atau bisa juga kah pada saat berbunga, pak?" tanya akun YouTube Barakalla5854. Lalu dijawab,"Bisa saat berbunga, bahkan menjelang pembungaan juga bagus," jawabnya.

"Kalau kulit pisang yg masih ijo apa bisa pak,,, karna limbah kulit pisang banyak di belakang rumah ada yg produksi keripik pisang," tanya akun YouTube Jamalshhyboy. Lalu langsung dijawab, "Ya, bisa juga," ungkap pemilik video.