Brilio.net - Saus kerap ditambahkan ke dalam makanan untuk memberikan sensasi rasa pedas yang lezat pada hidangan. Selain memperkaya cita rasa, saus juga sering dipakai sebagai pewarna makanan. Karena terbuat dari tomat dan cabai, saus bisa menghasilkan warna merah alami yang juga dapat mempercantik makanan.

Sayangnya, warna merah pada saus ini membuatnya perlu digunakan secara hati-hati. Bukan tanpa sebab, jika saus telanjur mengotori pakaian yang dikenakan, nodanya akan sulit dihilangkan. Yup, noda saus di baju jadi salah satu masalah yang kerap dialami banyak orang.

Karena cukup membandel, noda saus ini tidak bisa dihilangkan hanya dengan dicuci biasa menggunakan detergen. Tetap akan ada bekas yang menempel di pakaian. Oleh sebab itu, perlu cara khusus untuk menghilangkan noda saus di pakaian.

Beruntungnya, seorang pengguna Instagram @safaralles pernah membagikan metode sederhana yang pernah dilakukan dalam mengatasi noda saus di pakaian. Melalui salah satu video yang diunggah, warganet ini mengaku tidak menggunakan bahan pembersih keras yang bisa merusak serat kain. Dia justru mengandalkan bahan sederhana yang ada di dapur.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @safaralles ada Minggu (21/7), bahan dapur yang dimaksud adalah baking soda dan sabun cuci piring. Nah, kedua bahan ini bisa sangat ampuh mengangkat noda saus dengan maksimal tanpa meninggalkan bekas.

foto: Instagram/@safaralles

Pertama-tama tuang sabun cuci piring langsung ke noda saus di pakaian. Setelah itu, oles sabun cuci piring ini hingga rata menggunakan jari tangan.

foto: Instagram/@safaralles

Selanjutnya, taburkan baking soda ke noda tersebut. Setelah itu, ratakan menggunakan jari tangan hingga baking soda dan sabunnya tercampur. Lantas untuk hasil maksimal, diamkan selama 5 menit saja agar kedua bahan tersebut terserap ke dalam serat kain.

foto: Instagram/@safaralles

Jika sudah didiamkan, gosok-gosok menggunakan sikat. Atau kamu juga bisa mengucek bagian kain yang terkena noda tersebut. Barulah kemudian, bilas di bawah air mengalir sampai tidak ada sisa sabun atau baking soda yang menempel. Terakhir, jemur sampai kering.

foto: Instagram/@safaralles

Pada dasarnya, baking soda dan sabun cuci piring adalah kombinasi efektif untuk menghilangkan noda saus pada pakaian karena keduanya memiliki sifat pembersih yang kuat. Baking soda memiliki sifat abrasif ringan yang dapat membantu mengangkat noda dari serat kain. Sifatnya yang basa juga membantu menetralkan asam pada saus, sehingga memudahkan proses pembersihan. Selain itu, baking soda memiliki kemampuan menyerap minyak, yang bermanfaat untuk menghilangkan noda saus berbahan dasar minyak.

Di sisi lain, sabun cuci piring dirancang khusus untuk memecah lemak dan minyak. Bahan aktif dalam sabun cuci piring efektif melarutkan dan mengangkat minyak serta residu makanan dari permukaan kain. Ketika digunakan bersamaan, baking soda akan membantu mengangkat dan menyerap noda, sementara sabun cuci piring bisa memecah dan melarutkannya, sehingga noda dapat dihilangkan lebih efisien.